Android 3.2 “Honeycomb” Dirilis

Direktur pengembangan Xavier Ducrohet mengumumkan rampungnya platform sistem operasi mobile Android 3.2. SDK (Software Development Kit) terkait termasuk emulatornya juga telah disediakan dan siap untuk diunduh.

Seperti pendahulunya, versi baru sistem operasi seri 3 “Honeycomb” unggulan Google ini ditargetkan untuk perangkat tablet. Diantara perbaikan untuk pengembang dan pengguna yang disebutkan Ducrohet adalah “Compatibility Mode” baru untuk memperbesar tampilan dari aplikasi-aplikasi yang umumnya diprogram untuk resolusi layar lebih kecil. Dengan demikian, maka aplikasi smartphone kini bisa ditampilkan lebih baik pada layar tablet dibandingkan kemampuan zoom yang digunakan sebelumnya dengan hasil kurang memuaskan.

Pengembangnya kali ini juga memperluas dukungan terhadap lebih banyak hardware, terutama untuk tablet ukuran 7 inci. Menggunakan fungsi “Media sync from SD card”, Apps bisa langsung mengakses berkas Multimedia yang disimpan di kartu SD.

Beberapa perubahan terdapat pada antarmuka pemrograman dengan penempatan level API di level 13. Melalui “Extended screen support API”, pengembangnya diberikan kebebasan untuk mengatur lebih banyak dalam hal menampilkan aplikasinya agar bisa pas dengan ukuran layar tablet yang beragam. Perbaikan juga pada output video yang telah mendukung format 720p.

Detil dari semua pembaruan dirinci di dokumentasi untuk Android 3.2 yang diterbitkan bersama rilis ini. Para pengembang bisa langsung memanfaatkan SDK yang telah tersedia, sementara untuk pengguna silakan menunggu update dari vendor hardware masing-masing. Beberapa vendor telah mengindikasikan rencana rilis produk baru yang mengemas Android 3.2 sebagai sistem operasinya, seperti halnya dilaporkan untuk Motorola dilaporkan disini dan sebuah tablet 7 inci dengan Androuid 3.2 juga sudah diperkenalkan Huawei di ajang pameran CommunicAsia di Singapura baru-baru ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s