OHL: Lisensi Open Source Untuk Hardware

Seperti lisensi bebas GPL untuk Software maka diciptakan OHL untuk Hardware.

Pusat penelitian tenaga inti Eropa (CERN) menerbitkan lisensi versi 1.1 dari Open Hardware Licence (OHL). Bersamaan dengan peluncuran, dimulai sebuah inisiatif “Open Hardware Initiative”, yang memungkinkan peneliti atau pengembang di CERN dan siapa saja membebaskan desain perangkat keras mereka untuk dimanfaatkan publik.

Versi 1.0 dari lisensi pembebasan hardware ini, telah diperkenalkan pada bulan Maret 2011 lalu, namun saat itu dirilis sebagai konsep, kemudian resminya kini dirilis sebagai versi 1.1. Open Hardware Licence (OHL) 1.1 adalah sebuah lisensi yang berlaku untuk dokumentasi desain hardware dan yang pada hakekatnya adalah sehati dengan jenis lisensi GPL. Memanfaatkan dan menyebarluaskan dokumentasi desain berlisensi OHL diperbolehkan, seperti halnya di GPL, baik tanpa maupun dengan modifikasi, selama tulisan tentang informasi Copyright tidak dihapus, dan hasil modifikasinya juga diteruskan atau dibebaskan menggunakan lisensi yang sama (OHL). Pemilik desain berslisensi OHL, membebaskannya tanpa mengenakan biaya lisensi (bebas Pungli), termasuk semua hak atas paten yang terkandung secara non-ekslusif untuk desain hardware tersebut.

Sebagaimana telah diumumkan oleh CERN, disebutkan bahwa sejak bulun Maret lalu tersedia Open Hardware Repository (OHR), yaitu lumbung penyimpanan koleksi dari disain yang menganut lisensi OHL untuk dimafaatkan pengembang disain elektronika lebih lanjut. Disain Hardware yang saat ini telah tersedia mencakup sejumlah sistem elektronika dan komputer terutama untuk peneliti bidang Fisika. Diantaranya berkaitan dengan sistem akuisisi data, sistem pengendalian, sistem jaringan dan lainnya.

Contoh dokumentasi desain yang dicakup sebagai dokumentasi hardware, antara lain adalah skema diagram, sketsa, tata letak sirkuit atau papan sirkuit, gambar, desain mekanik, flow chart, teks penjelasan serta materi penjelasan lainnya. Sedangkan yang tidak dicakup dibawah OHL adalah firmware yang mungkin diperlukan, dan perangkat keras itu sendiri tanpa perlu alasan yang jelas. Memproduksi desain hardware berdasarkan OHL adalah bebas dan tidak dikenakan biaya lisensi.

Peneliti di CERN mengakui bahwa inisitif tersebut diilhami oleh keberhasilan dari lisensi bebas GPL yang berlakukan untuk kernel Linux dan mendapat dukungan secara luas oleh para pengembang relawan dari seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s