PCLinuxOS 2011.6 Edisi KDE dan LXDE

PCLinuxOS untuk kali pertama di tahun 2011 merilis distribusi popular sebagai versi 2011.6 dengan edisi utama yang menggunakan KDE SC 4.6.4 sebagai desktop dan mengemas browser Firefox 5.0 terkini. Kecuali itu disertakan paket-paket aplikasi yang semuanya telah ditingkatkan ke versi aktual.

Di ruang pacunya PCLinuxOS 2011.6, dipasang kernel 2.6.38.8 disamping juga memberdayakan Brain Fuck Scheduler yang mendongkrak kinerja distro ini cukup signifikan. Kecuali itu PAE-kernel juga tersedia untuk versi PCLinuxOS ini dan dapat diunduh dari repositori bila dibutuhkan.

Berbeda dengan distro besar lainnya, PCLinuxOS telah menggaktifkan driver-driver proprietari di LiveCD yang diterbitkan termasuk yang ditawarkan oleh Nvidia dan AMD. Mendukung antarmuka tampilan grafis digunakan X-Server dalam versi 1.10.2 dan Mesa 7.10.3. Sebagai pengelola paket (Paketmanager) PCLinuxOS menggunakan RPM 4.8.1 termasuk pengelola software Apt-get dan Synaptic yang telah disesuaikan. Pengembangnya juga merencanakan untuk mengadopsi Yum sebagai Paketmanager alternatif dan menjanjikan pelaksanaanya dalam waktu dekat.

Untuk pengguna akhir, PCLinuxOS 2011.6 telah melengkapinya dengan paket-paket software aplikasi standar seperti: klien Email Thunderbird 3.1.11, Pidgin 2.9.0 atau juga Clementine 0.7.1. Mendukung urusan perkantoran, distro ini menyediakan suit office terbaru dari Libreoffice 3.4.0 untuk diinstalasi kemudian. Untuk para pengembang disediakan perkakas pengembangan antara lain GCC 4.5.2 termasuk Glibc 2.10.1.

Edisi PCLinuxOS 2011.6 LXDE:
Beberapa hari setelah edisi standar yang menggunakan desktop KDE diluncurkan, pengembangnya menyusulkan rilis edisi PCLinuxOS 2011.6 LXDE kelas bulu yang ringan yang menggunakan LXDE sebagai lingkungan desktop.

Seperti pada edisi standar, PCLinuxOS 2011.6 LXDE juga mendapat sambutan positif dari pengguna yang telah mencobanya dan menggunakannya. Kecuali perbedaan pada desktop yang lancar digunakan di komputer lama, edisi LXDE mengemas seleksi paket aplikasi serupa dan menyertakan software-software seperti Firefox 5, eVince, Brasero dan pemutar musik Clementine. Sebagaimana diterapkan di PCLinuxOS 2011.6 KDE, edisi LXDE ini juga menggunakan skenario yang sama dalam menginstall LibreOffice melalui manager installer dan pengguna dapat mengeksekusinya bilamana diperlukan. Distro ringan ini juga dibekali tidak sedikit perkakas kecil namun bermanfaat, seperti Leafpad editor, PCManFM file manager, Screenie untuk memotret tangkapan layar dan banyak lainnya.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s