LibreOffice 3.4.0 Lebih Cepat Lebih Baik

Yayasan Document Foundation merilis Libreoffice 3.4.0 untuk Windows, Linux dan Mac OS. Versi serba baru ini membawa serangkaian perbaikan, fungsi baru dan banyak optimalisasi sehingga dapat menjadi suit office yang lebih tangguh dan lebih cepat dari pada versi sebelumnya.

Dapur pacu rendering di Writer 3.4.0 untuk fon-fon (fonts) Graphite telah dibangun ulang dengan kode pemrograman total baru. Dengan demikian dihasilkan kinerja yang lebih baik dalam bentuk peningkatan kecepatan signifikan, diklaim sepuluh kali lipat lebih cepat dan sekaligus lebih stabil dari versi sebelumnya yang masih menggunakan kode berasal dari OpenOffice. Kecuali itu, versi baru ini telah mendukung pewarnaan pada garis pemisah untuk kolom dan catatan kaki, disamping telah meningkatkan kompatibilitas terhadap standar terbuka ODF. Juga drop bayangan telah disediakan untuk menonjolkan halaman Writer dengan pewarnaan yang dapat dikonfigurasi.

Banyak pembaruan diberikan pada spreadsheet Calc, yang juga telah meningkatkan kompatibilitasnya terhadap software padanan Microsoft Excel. Autofilter dan penentuan area kini bisa diaktifkan untuk setiap lembaran Calc. Sebelumnya, hal itu hanya bisa diterapkan per dokumen. Obyek Draw sekarang bisa diposisikan lebih presisi dan pengelolaan referensi eksternal juga telah ditingkatkan seraya membebaskan sejumlah kekliruan. Sebuah tabel kini boleh memiliki banyak subtotal. Tabel-tabel Pivot (sebelumnya: Datapilot) untuk memroses, mengkombinasikan dan membandingkan data skala besar, sekarang mendukung field tak terbatas dan bisa sampai dengan sepuluh kolom (sebelumnya 8 kolom).

Perbaikan untuk Impress terutama pada peningkatan HTML-Export dengan penampilan geleri preview di halaman awal. Kesalahan pada AutoCorrect saat penulisan http kini telah diperbaiki. Panel pencari kini dimunculkan bila diperlukan seperti umumnya pada browser moderen.

Dibandingkan edisi untuk platform lainnya, Libreoffice untuk platform Linux diklaim sekarang memulai (start) lebih cepat dengan rendering teks lebih baik. Secara keseluruhan suit office ini membutuhkan memori kerja lebih sedikit dan telah memangkas kode pemrogramannya dengan merampingkannya lebih dari 5.000 baris kode. Ribuan baris komentar pada kode sumbernya yang tadinya menggunakan bahasa Jerman telah diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan harapan lebih banyak pengembang relawan dapat berpartisipasi pada pengembangan atau pemanfaatan kode LibreOffice.

Seperti pada versi-versi sebelumnya, Libreoffice 3.4.0 tersedia untuk platform Windows, Linux dan Mac OS (PPC dan Intel). Kendati versi ini disebutkan sebagai final, namun karena mengandung banyak fitur baru maka Document Foundation memberlakukannya untuk “early adopters” dan menyarankan belum digunakan untuk sistem produktif. Untuk itu pengguna perusahan dipersilakan tetap menggunakan versi Libreoffice 3.3.2 yang masih akan terus dikembangkan. Jadwal rilis seterusnya dipatok akhir Agustus untuk Libreoffice 3.3.3 dan Libreoffice 3.5 rencananya di bulan Februari 2012.

Oracle serahkan OpenOffice.org ke Yayasan Apache
Tanpa banyak bicara Oracle telah menyerahterimakan proyek OpenOffice.org kepada Apache Software Foundation (ASF), sekaligus menghentikan dukungannya. Jim Jagielski, presiden dari ASF menyambut baik keputusan Oracle tersebut dan pertama-tama akan menempatkan proyek OpenOffice di Apache Incubator. Versi terkini adalah OpenOffice.org 3.3.0 yang diluncurkan di bulan Januari 2011.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s