Majalah InfoLINUX 2011 Mei

Majalah InfoLINUX bulan Mei 2011 menyisipkan bonus DVD-DL yang utamanya mengandung distribusi DEbian GNU/Linux 6.0 “Squeeze” dan versi PDF untuk majalah InfoLINUX yang diterbitkan selama tahun 2010. Sebagai topik utama diangkat “The Best 3D Software” dan aplikasi open source untuk Interior Designer “Virtual Home Designer”. Kecuali Debian 6.0, juga dibahas ditrubusi berlandasan Ubuntu JoliOS 1.2 yang berorientasi untuk bekerja di awan. Untuk SysAdmin disediakan TRIK untuk mengamankan jalur port SSH.

Meniti urutan daftar isi edisi Mei 2011 ini, diawali dengan liputan berita aktual seputar Linux, bertitel antara lain tentang: Distribusi Linux Akan Menyertakan Direktori/run, Good Bye, Ubuntu 9.10!, Zenwalk Linux Versi 7.0, Prubahan Rad Hat Tidak Pengaruhi Novell, Portable C Compiler 1.0, dan tentang Google Perketat Android

Opini-opini dari tiga pakar dibahas oleh Budi Rahardjo tentang “Mengapresiasi Kode”, kemudian Michael S. Sunggiardi yang telah menelusuri “TIK di Sekolah”, sedangkan I Made Wiryana membahas tentang “Organisasi Virtual dan OSS”.

Setelah menjawab semua “Surat Anda”, diuraikan tentang Distro yang disisipkan sebagai bonus: Debian 6.0, dan Jolicloud 1.2.

Sudah tentu bahasan seputar Game tidak pernah dilupakan yang kali ini meliput software permainan “ZaZ 1.0.0” dan “XMoto 0.5.5”

Resensi buku mengupas buku-buku tentang “Linux Shell Scripting Cookbook”, “Linux Desktop Hacks: 100 Industrial-Strength Tips & Tools”, dan “Linux+Guide to Linux CertifIcation”

Sebagai Software Pilihan dipaparkan tentang kegunaan aplikasi seperti: “Shotwell 0.9.0”, “Task Coach 1.2.12”, “Kadu 0.9.0”, “Partclone 0.2.21”, “BoomBox 0.3.1”, “PAC 2.5.5.9”, “JD TypoBox 1.0.2.0”, “FrostWire 4.21.5”, “D2X-XL 1.15”, “Rapid Photo Downloader 0.3.5”, “GoinEdit 1.2”, “Command Line Progress Bar 1.11.1”, dan “Jsqsh 1.4”. Sedangkan untuk topik utama dibahas “10 Aplikasi 3D Terbaik.”

Berita dari kegiatan Komunitas meliput aktifitas: “Kabupaten Aceh Tengah “Hijrah” ke Linux” dan “SMA DP menjadi Sekolah Multimedia OSS”.

Sebagi “Praktik Instan” dipandu cara “Merancang Rumah Idaman” menggunakan software “Virtual Home Designer”.

Topik seputar Net Admin membahas: “Metode Port Knocking dengan Iptables untuk Membuka Port SSH” dan “Daftar Warnet Berbasis Linux Di Indonesia”

Sebagai bagian dari rubrik Tutorial, diajarkan antara lain: “Membangun Shell Sendiri [merupakan bagian 2 dari 2 Tulisan]”,  dan “Menjalankan VirtualBox secara Command Line”, “Instalasi Cherokee, PHP 5, dan MySQL”. Kecuali itu diungkapkan sejumlah Tip & Trik seputar penggunaan distro Linux.

Untuk rubrik “Workshop” kali ini membahas tentang: “Optimalisasi Ubuntu dengan Ubuntu Tweak”, “Lilin Menyala”, “Membuat Banyak Label dalam Satu Halaman”, “Cara Install Nusaptel”, dan “Bekerja “di awan” dengan Joli OS”

Sebagai penutup, pembaca dapat mengadu keberuntungannya dengan berpartisipasi di “Kuis InfoLINUX” sambil menanti kehadiran “Edisi Mendatang”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s