Xamarin: Mantan Karyawan Novell Teruskan Mono

Nat Friedman yang pernah memegang jabatan mengurus Strategi Open Source dan meninggalkan Novell awal tahun lalu, sekarang bergabung dalam pendirian Xamarin dan menjabat sebagai CEO. Friedman bersama Miguel de Icaza pernah mendirikan perusahan pengembangkan Mono, Ximian yang kemudian diakuisisi oleh Novell.

Berdirinya Xamarin telah diumumkan boss pengembang Mono, de Icaza sekitar satu minggu sebelumnya, setelah urusan jual beli rampung dan Novell resmi pindah ketangan Attacemate yang merumahkan semua karyawan terkait dengan proyek Mono sebagai implementasi .NET.

Pembentukan Xamarin direncanakan untuk mengembangkan dan memasarkan produk berbasis Mono, yaitu versi bebas dari implementasi .NET khususnya untuk mendukung sistem operasi mobile seperti iOS dan Android. Friedman yang pernah menjabat sebagai Chief Technology and Strategy Officer untuk Open Source di Novell, saat meninggalkan Novell pernah mengindikasikan dan mengatakan rancananya untuk mendirikan sebuah perusahan baru.

Produk yang dikembangkan Xamarin berupa pengembangan seperti MonoTouch dan MonoDroid, yang menurut Friedman memiliki prospek cukup meyakinkan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s