Proyek GNU/Telephony Luncurkan Server SIP Witch

Rilis versi stabil perdana untuk Sip Witch Server, sebagai bagian dari sebuah sistem alternatif bebas untuk Skype telah diluncurkan GNU Free Call oleh Free Software Foundation versi 1.0 dari GNU SIP Witch Server berikut komponen klien yang diperlukan, setelah kehadiran proyek GNU-Free-Call diumumkan sekitar dua bulan lalu.

Menggunakan sistem yang baru diluncurkan dimungkinkan melakukan sambungan bicara Peer-to-Peer yang berkomunikasi menggunakan sistem sandi ZRTP. GNU-Free-Call ditargetkan sebagai sistem padanan yang dikembangkan secara terbuka untuk dijadikan alternatif terhadap Skype yang baru-baru ini telah diakuisisi Microsoft.

Kode sumber Sip Witch Server yang dikompilasi, saat ini telah tersedia untuk sistem Mac OS X, sistem BSD, Windows dan Linux. Disamping itu, sebuah varian untuk dijalankan di Googles Android dijanjikan menyusul.

Sebuah portal web akan diluncurkan pertengah tahun in untuk mengelola penanganan komunikasi perangat telepon yang menggunakan SIP atau software yang memberdayakan komputer sebagai perangkat telepon.  Mesin yang dijalankan dibalik Webportals adalah sistem server-server SIP Witch yang stabil. Fitur-fitur yang direncanakan dapat disimak halaman Wiki dari proyek ini.

Menyertai peluncuran Server juga versi pertama dari klien untuk desktop TAP diluncurkan. Klien ini dengan fitur yang sedang disempurnakan dan akan dikembangkan diharapkan memiliki GUI yang mudah digunakan dan bisa digunakan untuk mengkonfigurasi server SIP Witch. Dengan demikian sambungan bicara dapat diinisialisasi dengan menekan satu tombol saja. Pada saat ini TAP belum menyediakan fitur yang lengkap dan belum disandi. Proyek menyediakan panduan mengkonfigurasi SIP Witch dan penggunaan dengan Twinkle di sistem operasi Linux Ubuntu.

Bagi yang membutuhkan untuk mengembangkan proyek terkait, disediakan semua kode sumbernya termasuk SIP Witch 1.0 dan TAP untuk diunduh, sebagaimana lazimnya sebuah proyek open source.

Disamping SIP Witch, proyek GNU Telephony atau GNU Free Call juga mengembangkan Bayonne, sebuah server telephony, yang telah jalan produktif, dan didukung oleh sejumlah hardware yang dapat dikembangkan menggunakan skrip Perl dan Python. GNU SIP Witch telah dikembangkan sejak tiga tahun lalu dan mengadopsi lisensi bebas GPLv3. Disamping SIP Witch tersedia versi perdana untuk “Technological Assistance Packages” (TAP), yang mengandung Desktop-Client switchview agar dapat dimanfaatkan di komputer lokal.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s