2015: Ubuntu Targetkan 200 Juta Pengguna

Sementara jumlah direksi Canonical menciut dari awalnya 8, dan saat ini menjadi 4 direktur pengelola perusahan, namun Mark Shuttleworth menargetkan jumlah pengguna Ubuntu pada 4 tahun kedepan mencapai 200 juta.

Hal itu diungkapkan pendiri Ubuntu Mark Shuttleworth sebagai keynote di ajang acara “Ubuntu Developer Summit” (UDS-O) di Budapest Hungaria hari senin kemarin. UDS diselenggarakan setahun dua kali, merupakan ajang acara memperdebatkan pengembangan distribusi Ubuntu yang kali ini membahas rilis Oneiric Ocelot (v11.10) mendatang.

Setelah menyampaikan penghargaan kepada komunitas atas keberhasilan rilis Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) dan introduksi “Unity”, Shuttleworth mengungkapkan ambisinya dengan target untuk membuat Ubuntu menjadi desktop dari 200 juta ummat pengguna sampai tahun 2015.

Our goal is 200 million users of Ubuntu in 4 years. We’re not playing a game for developers hearts and minds – we’re playing a game for the worlds hearts and minds. And to achieve that we’re going to have to play by a new set of rules.”

Seperti dikutip dari pemberitaan yang dimuat di magasin “OMG! Ubuntu!” dikabarkan bahwa yang ingin dicapai Shuttleworth adalah agar Ubuntu lebih banyak digandrungi oleh pengguna akhir, ketimbang digunakan oleh pengembang saja. Agar keinginan itu bisa dipenuhi, masih banyak penelitian untuk desain dan useabiliti harus dilakukan. Dan menurut Shuttleworth, umpan balik pengguna akan menjadi sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s