Majalah BSD-Mag Mei 2011: Embedded BSD

Majalah khusus untuk kelompok sistem operasi BSD terbit dalam format PDF dan disirkulasikan secara cuma-cuma, membahas segalanya seputar sistem operasi keluarga BSD termasuk FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, DragonFlyBSD, PC-BSD dan lainnya, baik dari sisi penggunaan, namun terutama menyingkap teknologi dibalik sistem Unix berlisensi bebas ini. Majalah yang disponsori oleh beberapa perusahan TI termasuk Google.com, juga mengulas produk baik software maupun hardware pihak ketiga dan keterkaitannya dengan BSD, disamping sejumlah reviews dan uji banding benchmarking.

Edisi terakhir bulan Mei 2011 kali ini, membahas antara lain:

“Introduction to the Z Shell”, sebuah artikel dari MICHAEL HERNANDEZ yang memaparkan salah satu Shell alternatif yang menynjukkan bagaimana interaksi pengguna dan mesinnya di jaman moderen.

Penulis DRU LAVIGNE menyingkap melalui artikel: “Supporting Multiple Desktops in PC-BSD 9.0”, tentang fitur PC-BSD di versi 9.0 akan datang, yang memungkinkan untuk menseleksi multiple desktops saat instalasi.

Artikel “Evolution of an OpenBSD Port” yang ditulis IAN DARWIN menelusuri perkembangan atau evolusi dari port OpenBSD yang dilakukan untuk proyek radicale (http://www.radicale.org/), yaitu sebuah aplikasi kalendar sederhana berbasis server CALDAV yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python oleh Guillaume Ayoub.

Sebagai topik utama adalah adalah artikel “FreeBSD & Alix” yang ditulis oleh BILL HARRIS tentang instalasi Enterprise OS di komputer Alix untuk menjawab dominasi Linux di pasar sistem embedded device atau di Single Board Computer (SBC).

Tentang pemrograman “Mono (C# and the .NET Framework) on FreeBSD”, dibawakan oleh JARED BARNECK yang mengklaim bahwa proses pengembangan software saat ini sudah lebih sederhana.

Bagian ke 6 dari artikel “Drupal on FreeBSD (part 6)” sekaligus menutup rangkaian artikel bahasan tentang sistem manajemen konten Drupal. Penulis ROB SOMERVILLE membagi pengalamannya menggeluti Drupal yang berkaitan dengan lima artikel sebelumnya.

“Backups – Made Easy A fast solution to a real problem”, tulisan BILL HARRIS menunjukkan cara mudah dalam melakukan pekerjan Backup, berikut skrip yang diperlukan.

Bagaimana caranya “Fighting DDoS Attacks with PF” atau memerangi serangan “Denial of Service attacks” menggunakan aplikasi PF, merupakan topik yang disampaikan oleh autor MATTHIEU BOUTHORS.

Artikel “The MacOS X Command Line” menjelaskan bagaimana JAMES P. HOWARD menggunakan komputer Mac sebagai sebuah laptop Unix.

OpenSMTPD adalah sebuah server mail yang dikemas bersama OpenBSD. Mengkonfigurasi OpenSMTPD disebutkan lebih mudah dimengerti dan tidak seribet bila mengkonfigurasi Sendmail. DARREL LEVITCH membuktikannya dalam artikel: “Implementing OpenSMTPD An Independent Reference Document”.

Dilingkungan pengembangan software aplikasi untuk sistem embedded, acapkali terdapat kesulitan yang berbeda dengan apa yang ditemukan di komputer desktop. Artikel: “Allocating Dynamic Memory with Confidence” tulisan RYAN PHILLIPS akan menjelaskan, mengapa demikian.

Perang lisensi atau “License Wars!” adalah topik lain namun masih terkait dengan BSD yang menurut penulisnya SUFYAN BIN UZAYR akan membuat mereka yang fanatik dengan BSD menjadi bangga, sementara mereka dari kubu non-BSD dapat mengetahui betapa luasnya dunia BSD!.

Serba serbi seputar distro DragonFlyBSD: dipaparkan JUSTIN C. SHERRILL dalam rubrik “DragonFly News”.

Edisi bulan Mei 2011 dari BSD-Mag yang berpenampilan professional ini dapat diunduh langsung dari situs penerbitnya http://bsdmag.org/magazine/ termasuk segudang edisi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s