FreeNAS 8.0 Haruskan Memori Flash atau USB

FreeNAS adalah distro khusus untuk digunakan sebagai sistem operasi NAS (Network Attached Storage) yang dibangun diatas landasan FreeBSD. Versi aktual FreeNAS 8.0 tidak lagi memberi peluang untuk memanfaatkan media (hardisk, dsb-nya) dimana sistem operasi FreeNAS ditanamkan, untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data (storage). Dengan demikian FreeNAS sebaiknya diinstalasi di media eksternal seperti USB-drive, atau di kartu memori flash.

Dalam pengembangan FreeNAS 8.0, juga telah melakukan sejumlah optimasi. Misalnya solusi NAS ini, tidak hanya bisa menyediakan data di jaringan (file sharing) via NFS, CIFS, AFP, FTP dan TFTP untuk banyak komputer, namun ia juga bisa berinteraksi dengan perangkat menggunakan iSCSI. Untuk mengimplementasikan ‘user interface’, FreeNAS 8.0 memanfaatkan produk dari proyek Django.

FreeNAS 8.0 dikembangkan dengan target untuk dipakai oleh pengguna professional. Karena itu pengembangnya memutuskan tidak lagi memasang fitur-fitur seperti iTunes/DAAP, Bit Torrent dan UPnP untuk edisi standar ini. Fitur-fitur yang disingkirkan itu nantinya, bila diinginkan bisa ditambhkan sebagai addon.

Sebagaimana telah disampaikan, versi FreeNAS ini disiapkan untuk diinstalasi di media USB-drive atau media memori flash agar dimungkinkan sepenuhnya pemanfaatan harddisk untuk penyimpanan data. Pengguna disediakan juga diberi pilihan menggunakan sistem berkas ZFS dan UFS2. Kecuali itu, FreeNAS 8.0 telah mendukung LDAP dan Active Directory agar autentifikasi para pengguna dimungkinkan.

Pengguna dapat mengkonfigurasi FreeNAS via antarmuka web atau per SSH langsung mengakses Server. Upgrade dari versi sebelumnya FreeNAS 0.7, tidak bisa dibatalkan dan kembali ke versi semula, dengan alasan bahwa FreeNAS telah mengaktualisasi ZPool saat instalasi berlangsung.

Struktur penomoran mulai versi FreeNAS kali ini berorientasi pada nomor versi FreeBSD yang digunakan sebagai landasan. Versi FreeNAS 8.0 menggunakan FreeBSD 8.2 dan pada versi berikutnya akan sepenuhnya diselaraskan. Paket dan media instalasi FreeNAS 8.0 yang diterbitkan mendukung arsitektur baik untuk 32 maupun 64 bit.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s