Free Software Foundation Ingatkan “Day against DRM”

Free Software Foundation (FSF) menjelaskan kampanye yayasan tersebut melalui situs DefectiveByDesign.org dan menetapkan tanggal 4 Mei yang jatuh pada hari ini sebagai hari untuk memperingati “Day Against DRM”. FSF menginginkan dengan adanya hari kebebasan terhadap DRM, dapat mengingatkan publik atas ancaman DRM, yang menurut yayasan tersebut adanya risiko pengalihan ke teknologi kontra sosial. Untuk itu FSF juga telah membuka halaman wiki khusus sebagai wadah komunikasi dan pertukaran idea termasuk menyediakan banner kampanye yang diperlukan.

Penyelenggara kampanye terutama mengkritik perusahan seperti Amazon dan Apple yang memanfaatkan DRM guna memaksimalkan keuntungan dengan mengorbankan nilai dari produk mereka. Sementara itu kebebasan pengguna dibatasi dan penguasaan berlebihan berada ditangan perusahan. Sebagai konsekuen FSF menyerukan agar konsumen menghindar dari produk yang mengandung DRM. Salah satu aksi yang dilakukan baru-baru ini adalah sebuah boikot terhadap Sony. Pasalnya perusahan itu telah mengambil jalur hukum yang menuntut seaorang Hacker karena meng-oprek perangkat Playstation 3 miliknya dan menjinakkan DRM.

Agar lebih efektif, yayasan nirlaba itu akan menyelenggarakan aksi kampanye secara berkala. Aksi “Day Against DRM” untuk kali pertama diperingati di bulan Oktober 2006 dan selanjutnya secara tidak teratur.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s