SUSiE Pulang Kampung

Seusai proses akuisisi Novell oleh Attachmate yang diawali bulan November 2010 lalu, kini setelah rampung saatnya tiba rencana-rencana juragan baru Attachmate direalisasikan. Terutama yang berkaitan dengan struktur perusahan yang pernah menyebutkan pemisahan antara bisnis Novell dan bisnis Linux SUSE.

Untuk itu, disebutkan bahwa Novell dan SUSE akan menjadi dua perusahan yang seratus persen independen dengan organisasi yang masing-masing memiliki presiden dan GM tersendiri dan melapor langsung ke boss Attachmate, Jeff Hawn. Sebagai juragan Linux SUSE ditunjuk Nils Brauckmann, yang sampai saat ini menjabat wakil direktur Attachmate dan pemasaran untuk EMEA (Europa dan Timur Tengah). Kantor pusat SUSE dipindahkan dari Amerika ketempat kelahirannya di Nürnberg, Jerman.

Kantor pusat Novell juga pindah ke Provo di negara bagian Utah yaitu tempat dimana Novell berakar sejak 1979. Disini nantinya Novell akan dipimpin oleh Bob Flynn, yang sebelumnya bertanggungjawab sebagai presiden dari unit bisnis ‘Host Connectivity Solutions Business Unit’ di Attachmate. Flynn berkarya di Attachmate sejak 1998 dan sebelumnya merupakan jebolan IBM. Posisi kantor pusat saat ini di Waltham, Massachusetts dipertahankan, namun sebagian dari karyawan dipindahkan ke headquarter baru di Provo, yaitu kota dimana Novell didirikan 32 tahun yang lalu.

Dikutip dari sebuah wawancara dengan Zdnet, Hawn menekankan bahwa Novell akan meneruskan komitmennya terhadap Open Invention Network, seperti juga terhadap kesepakatan yang pernah dibuat dengan Microsoft. Pemisahan SUSE diharapkan agar portfolio perusahan lebih jelas dan produk-produknya lebih mudah dimengerti pelanggan. Bersama dengan Suse, juga bagian dari produk Novell, Open Plattform Solutions (OPS) turut diusung. Kerjasama dengan komunitas OpenSUSE akan dilanjutkan dan didukung, tidak mengalami perubahan, termasuk proyek-proyek Open Source yang menyertainya seperti Mono.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s