INAICTA-2011: Industri Digital Dukung Ekonomi Nasional

Dengan Tema ‘Leverage Digital Creativity for National Economic Growth’ diharapkan Acara Penganugerahan Apresiasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Akan Pacu Pertumbuhan Industri Kreatif berbasis TIK dan denyut Perekonomian Indonesia.

Dalam siaran pers yang dirilis hari ini, kembali untuk kali ke 5 menggelar ajang tahunan bergengsi, Indonesian Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2011 yang secara resmi telah di luncurkan. Kegiatan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dimana kepanitiannya melibatkan peran serta para pemangku kepentingan (stakeholders) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terdiri dari asosiasi, kalangan usaha, serta komunitas TIK di Indonesia. Pada tahun ini INAICTA 2011 mengangkat tema “Peran Kreatifitas Digital untuk Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Nasional”.

Seperti ditandaskan di siaran persnya, INAICTA 2011 diselenggarakan untuk mendorong dan menggali potensi dan kreativitas anak bangsa di bidang TIK sehingga menghasilkan produk dan jasa TIK yang berkualitas, memiliki daya saing dan nilai juang ke pasar domestik, regional dan internasional. Unsur kreatifitas dibidang TIK yang ingin dibangun disemua komponen bangsa, diarahkan untuk berperan dalam memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia sehingga nantinya diharapkan secara aktif memberikan sumbangan dalam menciptakan kemakmuran bangsa.

Acara yang terangkai dalam INAICTA 2011 adalah termasuk perlombaan karya cipta kreativitas digital dan inovasi di bidang TIK, Konferensi, Workshop dan Eksibisi, Kompetisi Game dan Robot, serta Business Matchmaking Program (BMP). Puncak rangkaian acara ditutup dengan penganugerahan penghargaan yang dijadwalkan akan dilangsungkan 4 dan 5 Oktober 2011 bertempat di Jakarta Convention Centre.

Perlombaan karya cipta kreativitas dan Inovasi di bidang TIK ini dibagi dalam 2 (dua) kelompok peserta dari 28 (dua puluh delapan) kategori penghargaan. Kelompok peserta tersebut dibagi menjadi kelompok Student, terdiri dari siswa Sekolah Dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi diIndonesia; dan kelompok Professional dapat berasal dari kalangan umum, semua perusahaan yang berbadan hukum Indonesia, semua lembaga pemerintah, dan semua lembaga pendidikan dan lembaga riset baik pemerintah maupun non pemerintah. Kategori yang menarik untuk diikuti diantaranya Mobile application yang meliputi Mobile games, dan Mobile Apps & Advertising, Digital Content meliputi Audio digital dan Digital Animation dan juga yang tak kalah menarik adalah Video Games.

Dalam rangkaian kegiatan acara puncak INAICTA 2011, pengunjung dan komunitas TIK tanah air juga dapat mengikuti berbagai seminar mengenai dengan Tema : From Creativity and Innovation to Market Success & Success Story in Navigating the Indonesia Digital Creativity Supply Chain yang akan menghadirkan pembicara pembicara dari Microsoft, Ericsson, Cisco, Oracle, perusahaan perusahaan telekomunikasi di Indonesia, Ventura/ Perbankan, Yahoo! Indonesia, Media Nasional dan para para inovator sukses tentunya. Serangkaian kegiatan workshop yang akan diselenggarkan juga dapat menambah pengetahuan insan TIK adalah Workshop mengenai Games, Animasi dan Application rencananya akan menghadirkan, UK Game Developer, Jane McGonical, Koprol, Nokia, Infinite Frameworks, Logika Interaktif, Agate Studio dan lain lain.

Seperti di ajang acara tahun-tahun sebelumnya, pada acara puncak INAICTA 2011 bebas dikunjungi publik, dapat disaksikan showcase talenta TIK nasional, produk dan layanan dari sponsor, kompetisi game lokal, dan kompetisi robot yang ditunggu-tunggu banyak pengunjung INAICTA.

Peluncuran INAICTA 2011 pada hari ini, menandai dibukanya pendaftaran untuk keikutsertaan dalam lomba karya cipta TIK ini dan diumumkan di media cetak skala nasional. Para peserta dapat mulai mendaftar secara online di situs resmi INAICTA 2011 (www.inaicta.web.id) mulai tanggal 26 April 2011 dan penutupan pendaftaran pada tanggal 17 Juli 2011.

Sebagai acara lanjutan, pemenang dari INAICTA 2011 akan mewakili Indonesia dalam ajang serupa di lingkup regional dan internasional, seperti Asia Pacific ICT Award (APICTA), World Summit Award (WSA), atau BETT Award.

Baca selengkapnya siaran pers (PDF 160KB) dan lembar fakta (PDF 165KB).

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s