SkySQL Perkenalkan Arsitektur Referensi

Di ajang acara konferensi pengguna MySQL di Santa Clara yang berlangsung minggu lalu, SkySQL perkenalkan SkySQL™ Reference Architecture. Arsitektur referensi yang dipresentasikan merupakan sebuah MySQL-Distribution yang akan membuat kehidupan para administrator sistem menjadi lebih indah. Bagian dari solisi adalah sebuah SkySQL Provisioning, dimana pengguna dapat mengkonfigurasi instalasi basis data MySQL mereka lebih mudah menggunakan Browser.

Yang diinginkan SkySQL adalah memangkas kompleksitas dan biaya mengadopsi MySQL. Untuk itu perusahan SkySQL yang dibiayai mantan pendiri MySQL, Michael “Monty” Widenius menyediakan koleksi perkakas untuk digunakan bersama MySQL dan berjanji akan melakukan upaya agar keterkatian aneka produk seputar MySQL berfungsi dengan baik satu dengan lainnya, disamping pengelolaannya yang lebih mudah.

SkySQL™ Reference Architecture meliputi sebuah jaringan untuk mengorganisasi secara logis terhadap struktur data berbasis MySQL dan MariaDB. Arsitektur memanfaatkan Best Practices dari komunitas, seperti juga software baik yang Open maupun Closed Source, yang telah diseleksi dan diujicoba oleh SkySQL. Dengan demikian paling tidak ada jaminan bahwa semua komponen adalah skalabel, mudah diadaptasi dan siap untuk dibawa ke awan (Cloud).

Disamping itu, disebutkan bahwa SkySQL telah melakukan kerjasama dengan penyedia teknik infrastruktur, guna memungkinkan tersedianya solusi yang lengkap dan tepat untuk masing-masing aplikasi infrastruktur data yang umum, termasuk High Availability, Data Warehousing dan Business Intelligence. Perusahan partner kerjasama yang dimaksud adalah antara lain: Calpont, Canonical, Data Differential, Linbit, Monty Program, ScaleDB, Schooner Technologies, Webyog dan Zimory.

Salah satu fitur utama dari Arsitektur Referensi SkySQL adalah SkySQL Provisioning, yaitu sebuah sistem berbasis web yang memungkinkan pengguna memilih dan mengkonfigurasi komponen dari MySQL, yang hasilnya kemudian disediakan oleh Provisioning-System. Pada saat ini dalam versi alpha 0.1 telah dilengkapi dengan komponen-komponen yang asalnya hanya dari lingkukan open source dengan lisensi General Public License (GPL) dan masih belum menyediakan dukungan teknis.

Menggunakan sistem SkySQL Provisioning v0.1, pada saat ini dapat diadaptasi menggunakan 4 konfigurasi yaitu server dengan basis data MySQL atau MariaDB; basis data server untuk MySQL atau MariaDB berikut Replikasin; basis data MySQL atau MariaDB dengan High Availability; dan basis data MySQL atau MariaDB High Availability berikut Replikasi. Konfigurasi lainnya, berikut fungsi komersil tambahan dijanjikan akan disusulkan dalam tahun ini.

SkySQL Provisioning v0.1 ditargetkan untuk pengguna yang ingin mengevaluasi Arsitektur Refesensi SkySQL yang langsung bisa diaksis dari alamat situs config.skysql.com. Provisioning System juga disediakan tanpa biaya untuk kominitas.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s