Dari Java Ke Ceylon

Red Hat ingin pindahkan enterprise dari Java ke Ceylon?

Gavin King, pengembang bahasa pemrograman Java, di ajang acara konferensi QCon di Beijing menyingkap keberadaan bahasa pemrograman Ceylon yang sedang dikembangkannya atas permintaan Red Hat. Ceylon yang sudah dikembangkan dari nol sejak dua tahun lalu, menjanjikan bahasa pemrograman pengganti Java yang lebih moderen yang kira-kira berorientasi ke Groovy atau C#, disamping untuk meluruskan segala kekurangan yang ditemukan di Java. Pengembangnya juga menjanjikan sebuah Software Development Kit (SDK) yang nantinya memudahkan adopsi di lingkungan enterprise.

Menurut King, Ceylon akan mengadopsi semua yang baik dari Java dan diyakinkan bisa dijalankan di Java Virtual Machine (JVM), disamping meneruskan menggunakan ‘Static Typing‘ yang memudahkan dan lebih dini penemuan kekliruan saat kompail.

Untuk merealisasikan proyek ini, King sejak awal telah dibantu oleh pengembang grup Red Hat dari kelompok proyek JBoss divisi Hibernate dan Seam. Untuk keterangan lebih rinci tersedia presentasi dalam bentuk PDF, dan blog komunitas yang juga menampilkan presentasi berupa slide.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s