Majalah InfoLINUX 2011 April

InfoLinux April 2011 mengupas penggunaan software Open Source di dunia pendidikan, seperti yang dibahas pada topik utama yaitu membangun sistem kursus berbasis web moodle tanpa dibatasi oleh tempat belajar (Kursus Online). Untuk mempermudah kepala sekolah dalam memantau aktivitas guru dan siswa maupun para orang tua siswa yang ingin memonitor perkembangan anaknya di sekolah, dapat kita gunakan aplikasi OpenAdmin for School yang dibahas pada rubrik Praktik Instan.

Dalam membuat soal matematika, banyak notasi matematika atau rumus yang harus kita tuliskan. Lalu bagaimana cara membuatnya? Salah satu rubrik Tutorial membahas permasalahan tersebut dengan menggunakan LibreOffice Math.

Bila Anda ingin belajar Shell atau Membangun Shell sendiri, baca Rubrik Tutorial yang lain membahas pembuatan Shell menggunakan kode Python. Tak ketinggalan juga untuk para SysAdmin yang ingin membatasi akses internet berdasarkan quota dan waktu akses dapat membaca rubrik NetAdmin. Untuk Anda yang ingin belajar desain grafis, workshop Grafis kali ini membahas cara membuat Glass ORB 3D dan membuat tetes air (embun) menggunkan InkScape. Anda yang ingin memanfaatkan fitur aplikasi Linux, bisa mengikuti tutorial penggunaan screenshoot desktop Shutter pada rubrik Workshop Aplikasi. Workshop Distro kali ini akan membahas belajar desain grafis dengan UberStudent.

Berita yang diliput antara lain soal Debian Memenangi Dua Kategori di LNM Award 2011, LibreOffice Enterprise, Scientific Linux 6.0,  Perubahan Distribusi dari Kernel RHEL, SUSE Manager, dan Mozilla Firefox WebApps.

Opini dari pakar I Made Wiryana: Makin Sexy dengan Open Source, dari Budi Rahardjo: Berkarya, Bisa Apa Saja, dan Michael S.Sunggiardi: Kesalahan Penyampaian Teknologi.

Rubrik Distro membahas distro yang tersedia di DVD adalah  Edubuntu 10.10 dan UberStudent 1.0. Sementara pada rubrik Game membahas Neverball 1.5.4 dan Toribash 3.5.

Tim Info Linux diberi kesempatan untuk mengetes Rainer SM150C12-2.4 SATA35NR dan ASUS NAS-M25 yang dapat anda temukan pada bagian rubrik Hardware.

Software-software Pilihan kali ini: Scilab 3.5.1, Kalkun 0.2.9, Zend Framework 1.11.4, Sqlkit 0.9.3, Tornado 1.2.1, PacketFence 2.1.0, Google Chrome 9.0.597.107, RedNotebook 1.1.3, Tracker 0.10.1, MS 1.18, Zemanta 0.8.2 dan Froxlor 0.9.18.1.

Kegiatan Komunitas yang diliput kali ini adalah tentang Sekolah Islam Internasioanl Al Abidin Solo menggelar Lomba Game Anak dan Seminar Nework Security Linux di Aceh.

Ekstra DVD majalah InfoLINUX 04/2011 juga menyertakan sejumlah paket aplikasi menarik. Untuk distro boot yang digunakan, Ekstra DVD InfoLINUX menggunakan UberStudent 1.0. Dalam Ekstra DVD edisi ini juga disertakan satu buah distro untuk Pendidikan lainnya yakni Edubuntu 10.10 dan bonus Ebook:  Advanced Bash Scripting Guide.

Sejumlah pembahasan pada rubrik Workshop yang lain:

  • Hitung Sel Khusus dengan Kriteria
  • Pengenalan Dasar Fungsi HLOOKUP()
  • Hitung Sel Menggunakan Dua Kriteria
  • Pengenalan Dasar Fungsi VLOOKUP()
  • Simpan atau Bandingkan Checksum

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s