Google VP8: Bebek Bali Ngacir Lebih Cepat

Proyek sumber terbuka WebM yang didukung Google telah menerbitkan SDK versi baru untuk VP8 Codec yang dicanangkan sebagai standar format bebas untuk Webvideo. SDK yang diberi nama “Bali” (sebagai salah satu jenis bebek) untuk pustaka kode pemrograman libvpx 0.9.6 ditargetkan untuk meningkatkan kinerja pemrosesan sekaligus memperbaiki kwalitas gambar yang diekstrak dari Codec tanpa perlu merevisi spesifikasi VP8.

Dibandingkan dengan versi sebelumnya bernama Aylesbury, maka “Bebek Bali” ini untuk modus “Best” pada video platform x86, diklaim bisa 1,35 kali lebih cepat melakukan encoding. Sedangkan untuk video dengan kwalitas menengah bahkan bisa ngacir 1,4 kali lebih cepat.

Pada platform ARM dengan ekstensi NEON, encoder ini juga ngacir lebih cepat yaitu sekitar 7 persen pada prosesor tipe ARM Cortex A9 (Single Core) dan kelipatannya proposional dengan jumlah Core lebih cepat. Di sistem yang menggunakan Nvidias Tegra 2 diklaim pada Real-Time-Encoding, “Bebek Bali” ini ngacir 21 sampai 36 persen lebih cepat ketimbang “Aylesbury”.

Kwalitas gambar hasil encoding juga mendapat perhatian pengembangnya. Untuk video dengan kwalitas baik, ia bisa memberi hasil yang konsisten secara keselurahannya. Juga untuk video yang mengandung noise dilatar belakang bisa disaring dan kwalitasnya ditingkatkan. Sebagaimana dipaparkan di Blog pengembangnya, perubahan yang dilakukan bukan di format VP8, melainkan di SDK untuk pustaka Libvpx.

VP8 mulanya dikembangkan oleh On2 Technologies (sebelumnya: “The Duck Corporation”) kemudian diakuisisi Google pada awal tahun 2010. Sejak bulan Mei tahun yang sama, codec tersebut dibebaskan dengan lisensi sumber terbuka sebagai proyek WebM. Tujuan dari pembebasan tersebut adalah untuk menyediakan VP8 sebagai codec alternatif, termasuk fitur sebagaimana ditawarkan oleh Matroska-Containers MKV, koeksisten dengan MPEG-4 AVC (H.264) yang masih dibebani hak patent, namun dimanfaatkan secara luas sebagai standar bebas untuk Webvideo.

“Bebek Bali” bisa (ditangkap atau) diunduh dari Git-Repository proyek WebM.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s