Pengembang Gentoo Linux Terbitkan LiveDVD 11.0

Tim pengembang Gentoo menerbitkan distribusi Linuxnya dalam bentuk LiveDistro yang dapat ditanamkan di hardisk. Gentoo LiveDVD 11.0 yang diterbitkan, baik untuk platform 32 maupun 64 bit, mengandung antara lain Kernel Linux 2.6.37 seperti juga lingkungan Desktops KDE SC 4.6 dan Gnome 2.32.

Kecuali itu, bersama edisi Gentoo LiveDVD 11.0 disertakan paket-paket aplikasi yang telah terkompilasi berasal dari lumbung kode sumber versi aktual. Kernel Linux versi 2.6.37 yang dijadikan landasan untuk rilis ini telah menerima sejumlah Patches sebagai peningkatan dan perbaikan oleh tim Gentoo. Pada dasarnya Gentoo tidak menjadwalkan penerbitan kompilasi media untuk didistribusikan secara teratur karena Gentoo Linux menganut prinsip “Rolling Release” untuk semua kode sumber-nya yang disediakan dan dikembangkan oleh tim Gentoo dan dijamin senantiasa uptodate.

Untuk rilis LiveDVD yang diracik tim pengembang Gentoo kali ini, terdiri dari sejumlah software yang cukup unik dan mewah. Disamping desktop kelas kakap seperti KDE SC 4.6 dan Gnome 2.32, juga tersedia desktop ringan seperti Fluxbox 1.3.1, Xfce 4.8, Openbox 3.4.11.2 dan Enlightenment 1.0.7 (E16). Media Center XBMC 10.0 yang dikemas juga bisa dijalankan langsung dari LiveDVD.

Disamping browser Konqueror berbasis KDE, tersedia Opera 11.01 dan Mozillas Firefox 3.6.13 seperti juga Epiphany 2.30.6 dengan harapan agar pengguna bisa berselancar di Internet sepuasnya menggunakan browser kesayangan masing-masing. Mendukung komunikasi via Email telah tersedia Thunderbird 3.1.7 atau Claws Mail 3.7.8. Sebagai pemutar media, pengguna dapat dihibur menggunakan aplikasi Multimedia seperti Amarok 2.4, MPlayer 1.0_rc4, DVDAuthor 0.6.14 atau VLC 1.1.7. Dan para pengembang yang serius dapat memanfaatkan perkakas-perkakas yang telah disertakan seperti KDevelop 4.2, KDESvn 1.5.5, qt-creator 2.1.0 dan Bluefish 2.0.2.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s