Linux Mint 10: Julia Kenakan KDE SC 4.6

Minggu terakhir bulan Januari 2011, tim pengembang Linux Mint hadirkan Linux Mint 10 “Julia” yang memasang desktop KDE SC 4.6 dengan sedikit perubahan tampilan dibandingkan tampilan standar asal KDE.

Julia (Linux Mint 10) berbusana KDE ini juga menyertakan software dan Updatemanager berasal dari versi Mint 10 GNOME yang telah beredar sejak November 2010 lalu, terutama mengambil alih sejumlah icon dan beberapa fitur. Sebagai pengelola paket software tetap disediakan Synaptic. Untuk fitur Update Manager pengguna kini dapat mencontreng dengan klik tikus kanan agar masing-masing paket yang dapat diberi tanda untuk diupdate atau tidak secara individu. Fitur ini dapat menghemat pulsa internet bila aplikasi yang kurang penting tidak selalu diupdate secara otomatis.

Versi 10 Julia merupakan turunan dari Ubuntu 10.10 yang menanamkan Kernel Linux 2.6.35 dan X.org 7.5 sebagai basis. Lingkungan Desktop KDE SC 4.6 yang dikenakan Julia merupakan rilis versi terbaru dari desktop berbasis Qt tersebut. Juga disertakan adalah fitur Nonfree-Guestaddition dari Oracles Virtualbox yang mendukung USB pada Linux Mint 10 KDE yang diinstalasi di kotak virtual.

Perubahan Mint 10 KDE dibangdingkan versi standar GNOME antara lain dengan mengganti paket software Mozillas Songbird dengan Dragonplayer. Software yang ditambahkan termasuk klien Twitter Choqok dan Webkitbrowser Rekonq yang juga ditemukan di Kubuntu 10.10 sebagai browser utama.

Media yang diterbitkan proyek Linux Mint masing-masing DVD untuk 32 dan 64 bit berukuran sekitar 1.5 GByte dan dapat dijalankan Live atau langsung ditanamkan di Hardisk.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s