FreeBSD 8.2 dan FreeBSD 7.4 Telah Rilis

Sistem operasi Unix bebas FreeBSD telah merilis versi 8.2 dengan target utama untuk pemeliharaan dan aktualisasi paket-paket software aplikasi terhadap rilis versi sebelumnya. Kecuali itu terdapat juga beberapa penambahan fitur seperti halnya dukungan untuk USB 3.0. Diantara paket software yang diperbaharui di versi FreeBSD 8.2 ini, termasuk desktop Gnome dan KDE.

Fungsi atau fitur baru yang ditambahkan misalnya sebuah driver untuk Xhci yang bertugas untuk membantu menlancarkan penggunaan perangkat yang disambungkan melalui USB 3.0. Lapisan emulasi Linux kini mendukung API untuk Video4linux dan driver-driver untuk hardware yang diperlukan telah disediakan pengembangnya di lumbung repositori multimedia/pwcbsd atau di multimedia/webcamd.

Dua driver baru bawaan FreeBSD disediakan guna meningkatkan keamanan sistem, masing-masing yaitu modul Tpm mendukung “Trusted-Plattform-Modul-Hardware”, sementara modul Aesni berperan sebagai penunjang akselerasi untuk sistem sandi AES didukung prosesor Intel, sekaligus meningkatkan kinerja dari Crypto-Frameworks di masing-masing platform. Crypto mendukung disamping XTS-AES juga Tweaked-Code-Book-Modus berikut CipherText Stealing (XEX-TCB-CTS).

Sistem virtualisasi Xen juga mendapat perbaikan dan peningkatan fitur yang mendukung vistualisasi hardware secara penuhn seperti HVM (Hardware Virtual Machine) untuk sistem amd64, sementara untuk sistem i386 juga dapat memanfaatkan Xen dalam modus paravirtualisasi (PV).

FreeBSD 8.2 sepenuhnya mendukung tabel partisi GUID (GPT) yang kali ini memiliki kemampuan baik dalam hal memverifikasi checksum. Perkakas partisi Gpart yang dikembangkan telah mendukung fitur termasuk GPT-Attribute Bootme, Bootonce dan Bootfailed. Disamping itu Gpart bisa menjalankan perintah untuk menyelamatkan (recover) GUID Partition Table. Sistem berkas ZFS besutan Sun juga ditingkatkan ke versi 15 yang banyak membawa perbaikan berasal dari Opensolaris.

Kernel BSD yang digunakan telah dikompilasi berikut opsi KDB dan KDB_TRACE agar output dari Stacktrace pada saat Kernel-Panics terjadi bisa dipantau tanpa perlu menjalankan Debugger. Disamping itu telah dilakukan pemekaran kemampuan Dtrace sebagai salah satu perkakas Userland. Dengan semua itu, maka diharapkan interaksi antara aplikasi dengan Kernel dapat dipantau lebih baik.

Diantara paket aplikasi yang ditingkatkan adalah dua Desktop utama Gnome dan KDE SC, yang ditingkatkan ke versi Gnome 2.32.1 dan versi KDE 4.5.5. Peningkatan lainnya adalah Bind 9.6-ESV-R3 dan Openssl 0.9.8q yang telah dibebaskan dari celah keamanan.

Media yang tersedia untuk FreeBSD 8.2 mendukung sejumlah arsitektur seperti amd64, i386, ia64, pc98, Powerpc dan Sparc64.

FreeBSD 7.4 diupdate.
Disamping FreeBSD 8.2, saat yang sama telah diluncurkan versi FreeBSD 7.4 sebagai rilis update terhadap FreeBSD 7.3 yang terbit bulan Maret 2010. FreeBSD 7.4 dilengkapi denga beberapa fungsi baru dan banyak koreksi terhadap kekliruan yang ditemukan selama hampir satu tahun terakhir, termasuk penambahan dukungan untuk hardware baru. Untuk desktop FreaBSD juga delengkapi dengan versi Gnome 2.32.1 dan KDE 4.5.5. Lebih rinci dapat disimak dari catatan rilis yang diterbitkan pengembangnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s