Majalah InfoLINUX Februari 2011

InfoLINUX bulan Februari membahas tentang perkakas untuk Hacking sebagai topik utamanya. Bahasan topik ini tidak terlepas dari distribusi Linux BackTrack yang paling piawai dalam hal Hacking Tools yang dipaparkan secara rinci di edisi bulan ini.

Menyokong produktivitas, InfoLINUX menempatkan “Manajemen Proyek” sebagai bahasan penting meliput program bebas OpenProj yang dapat dijadikan padanan untuk MS-Project. Kecuali itu juga diliput paket produktivitas lainnya seperti LibreOffice 3.3, Simple Groupware dan paket grafis Inkscape. Sebagai contoh penggunaanya dilukiskan cara mendisain baju kaos menggunakan program Inkscape.

Disamping memaparkan teknik Hacking untuk pengamanan sistem, InfoLINUX edisi bulan ini juga menyampaikan cara melindunginya dari kemungkinan terhadap serangan virus. Untuk menambah pengetahuan pembaca dalam topk terpisah dijelaskan konsep dasar kebijakan berkas yang mengatur hak akses file menggunakan umask.

Pemberitaan seputar Linux yang dikutip bulan ini adalah tentang “Rusia Akan Beralih ke Linux di Tahun 2011”, Knoppix 6.4.3, LibreOffice 3.3 RC2 dan tentang “OSI Keluhkan Campur Tangan CTPN pada Proses Akuisisi Novell”, disamping tentang Mandriva Linux 2010.2, dan X.Org 7.6 dengan XCB.

Opini pakar datang dari Bapak I Made Wiryana yang membahas tentang: “Hanya untuk Helm”, sedangkan Bapak Budi Rahardjo berpendapat bahwa “Sistem Operasi Tidak Perlu Dijual Lagi”. Opini dari Bapak Michael S. Sunggiardi adalah tentang: “Refleksi 16 Tahun”

Distro yang secara rinci dibahas bulan ini adalah BackTrack 4.0 R2 dan KNOPPIX 6.4.3. Game yang dibahasa adalah SpaceZero 0.76.1 dan Virus Killer 1.03-1.

Buku-buku terkait open source yang diliput adalah: “Digital Forensics with Open Source Tools”, “Gimp 2.6 for Photographers” dan “SAP Basis Administration Handbook”.

Sebagai Software Pilihan dijelaskan tentang paket: LibreOffice 3.3.0 RC2; Simple Groupware 0.700; gBilling 0.3.1 RC1; Hash Checker 3.9.5; Saved Password E 2.0; Gnotero 0.42; DOFUS 2.3; LogicalDOC 6.0; dan WordPress 3.0.4.

Kegiatan komunitas yang diliput adalah acara “Cyber City Berbasis Open Source” dan “KPLI Sinjai Adakan Seminar dan Workshop”.

Sebagai bahan untuk Praktik Instan disediakan sebuah “Solusi Gratis Membangun Proyek”. Untuk Net Admin diberikan informasi tentang “Proteksi LAN dari Virus Internet dengan Squid dan C-ICAP Server” disamping merinci “Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia”

Serangkaian Tutorial juga melengkapi edisi kedua tahun 2011 yang memberi pencerahan tentang: “Bekerja dengan Array pada Bash”; “Encoding/Decoding Base64”; “Bekerja dengan Umask” dan “Simulasi Fisika dengan Step”.

Thema yang dipaparkan di rubrik Workshop meliputi: “Shaping dan Alignment pada Inkscape”; “Ubah Bentuk Beraturan Menjadi Bentuk Bebas”; “Hitung Nilai Depresiasi dengan Fungsi SYD”; “Hitung Nilai Depresiasi dengan Fungsi DDB”; “Parsing String dengan Pyparsing”; “Mencetak Dictionary Sesuai Urutan Key”; dan “Menjalankan Back Track dari USB Drive”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s