Kehadiran LibreOffice 3.3 dan OpenOffice 3.3 Nyaris Bersamaan

Hanya satu hari setelah The Document Foundation meluncurkan versi stabil perdana LibreOffice 3.3, proyek OpenOffice.org yang kini dikendalikan oleh Oracle mengumumkan tersedianya versi OpenOffice 3.3 untuk semua platform dan arsitektur yang umum.

Rilis OpenOffice 3.3 mulanya telah dijadwalkan untuk musim gugur tahun lalu, namun berulang kali ditangguhkan karena masih ditemukan banyak kekliruan yang memerlukan perbaikan. Sementara itu, Oracle telah menawarkan versi komersial dari OpenOffice 3.3 sejak pertengahan bulan Desember 2010.

Dibandingkan versi sebelumnya OpenOffice 3.3 melakukan perbaikan terutama pada antarmuka pengguna. Kompatibilitas dengan Microsoft Excel dipertahankan berikut dukungan tabel sampai dengan 1 juta baris. Fungsi diagram diperluas dengan penambahan opsi obyek teks dan gambar seperti balon suara, kotak maupun bundar untuk membubuhkan komentar status data tertentu. Elemen Toolbar baru telah ditambahkan untuk memudahkan mengerjakan lembaran presentasi menggunakan serangkaian klik tikus yang kini lebih singkat dari pada versi sebelumnya. Daftar perubahan lebih rinci dapat dibaca di situs proyek OpenOffice.org.

LibreOffice 3.3: Rilis Stabil Perdana
Yayasan Document Foundation mendahului peluncuran versi perdananya LibreOffice 3.3 untuk platform Windows, Linux dan Mac OS X baik untuk arsitektur Intel maupun PowerPC. LibreOffice 3.3 dibangun berdasarkan OpenOffice 3.3 sebagai sebuah proyek independen yang didukung oleh lebih dari seratus pengembang yang kebanyakan merupakan mantan dari komunitas pengembang asal proyek OpenOffice.org.

Seperti pada panutannya OpenOffice 3.3, LibreOffice 3.3 dibekali sejumlah pembaruan seperti sokongan untuk satu juta baris pada aplikasi spreadsheet seperti juga peningkatan untuk penanganan diagram yang menunjang kemudahan persiapan presentasi.

Lebih dari itu, LibreOffice 3.3 menawarkan fungsi eksklusif seperti filter impor yang telah ditingkatkan untuk dokumen-dokumen asal MS-Works dan Lotus-WordPro, peningkatan Navigator untuk Writer dan opsi yang nyaman mempermudah penanganan konten sel dari aplikasi Calc. Fitur lebih detil dirinci di website proyek LibreOffice.

Yayasan Document Foundation didirikan pada bulan September 2010 baru lalu disokong oleh perusahan-perusahan seperti Google, Novell dan Red Hat bersama komunitas yang sebagian besar berasal dari proyek OpenOffice untuk menciptakan suit aplikasi perkantoran yang seratus persen bebas dan Open Source tanpa harus tunduk terhadap kebijakan atau kepentingan institusi dan perusahan tertentu.

Ketika Oracle mengambil alih Sun Microsystem berikut hak kendali terhadap proyek OpenOffice dan saat itu tidak ada kejelasan terhadap kelanjutan proyek tersebut, komunitas pengembang OpenOffice telah mengambil langkah kongkrit sebagai jawaban dengan mendirikan The Document Foundation sebagai wadah pendukung proyek LibreOffice.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s