Penghargaan Japan Prize Untuk Penemu UNIX

Dennis Ritchie dan Ken Thompson penemu sistem operasi UNIX (yang juga menjadi basis untuk pengembangan Linux) telah menerima penghargaan dari Institusi Japan Prize berikut uang saku sebesar 600.000 atas kontribusinya untuk pengembangan software di bidang Informatika.

Penghargaan Japan Prize adalah salah satu Science Awards dunia terpenting setelah Nobel Prize. Tanpa adanya hasil penemuan yang untuk tahun ini diberikan penghargaan Japan Prize itu, barangkali sejumlah produk penting mulai dari Ponsel Pintar sampai server Internet tidak ada, termasuk iPhone yang menanamkan sistem operasi berbasis UNIX dan turunannya. Japan Prize untuk ketegori Sistem Informasi dan Komunikasi telah memilih pengembang sistem operasi Dennis Ritchie dan Ken Thompson untuk menerima penghargaan dan hadiah sebesar 600.000 Dollar.

Dengan keputusan itu, para juri dari Japan Prize ingin menekankan pentingnya pengembangan software termasuk bahasa pemrograman C yang telah dikembangkan sejak 1969 oleh Ritchie dan Thompson terutama membantu penyerbarluasan komputer, keberadaan Internet serta lahirnya idea untuk Open Source.

Thompson yang saat ini bekerja di Google sebagai “Distinguished Engineer” mengaku terkejut sekaligus merasa dihargai sebagai penerima hadiah ketika ia dihubungi dari Jepang. Demikian juga halnya dengan Ritchie sebagai seorang pensiunan sangat berterima kasih atas pemberian kehormatan yang menurutnya sangat berarti.

Hal yang sama juga merupakan harapan dari sponsor Konosuke Matsushita, pendiri grup perusahan Panasonic. Ia menginginkan agar pemberian Prize penghargaan yang diawalinya sejak 1985 dapat dijadikan sebagi imbangan dari Asia terhadap Nobel Prize. Perbedaannya bila dibandingkan dengan hadiah Nobel asal Swedia terletak pada titik berat yang dijadikan tolok ukur Japan Prize yang mengutamakan dampak dari sebuah penemuan terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Berbeda dengan Nobel Prize, Japan Prize juga mempertimbangkan bidang Informatika sebagai penerima penghargaaan.

Secara formal Japan Prize menentukan kriteria pemberian penghargaan berdasarkan kontribusi penerima terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknik, termasuk upaya dalam mendorong perdamaian dan kemakmuran umat manusia. Dalam pemberian penghargaan kali ini, tidak disangkal lagi bahwa UNIX telah memenuhi semua kriteria yang diharapkan, yaitu UNIX telah menyediakan basis untuk pengembangan industri komputer yang sebelumnya tidak memiliki sistem operasi yang memadai.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s