AIX: 25 Tahun Keberadaan IBMs Unix

ibm_aix_300

Pada tanggal 21 Januari 1986 pengembang “Big Blue” telah memperkenalkan sistem operasi yang diberi nama IBM RT Personal Computer: “Advanced Interactive eXecutive (AIX)” dengan target awal untuk digunakan sebagai Workstation di mesin yang menggunakan CPU jenis RISC (Reduced Instruction Set Computer) dan pengembangan saat itu dikenal dengan nama kode ROMP atau “Research Office Products Division MultiProcessor“.

Seperti di banyak sistim operasi lainnya (termasuk Linux), AIX juga mamanfaatkan teknologi Unix sebagai basis pengembangannya. Pengembang AIX di laboratorium IBM di Austin secara bertahap telah menambahkan banyak fungsi dan fitur AIX. Pada versi perdananya AIX telah memiliki proses untuk virtualisasi dan mendukung layar dengan resolusi tinggi, termasuk antarmuka pengguna yang lebih nyaman.

Adalah AIX versi 1 yang ditanamkan di komputer IBM 6150 RT workstation dan yang dijadikan landasan pengembangannya adalah UNIX System V Rilis 1 dan 2. Disamping itu dalam pengembangan selanjutnya juga me3nyertakan kode-kode yang berasal dari source code versi 4.2 dan 4.3 BSD UNIX.

Pada tahun 1990 IBM kemudian meluncurkan AIX versi 3 yang juga dikenal sebagai AIX/6000 menggunakan System V Rilis 3 untuk platform RS/6000 di komputer berbasis IBM POWER. Sejak itu AIX utamanya digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer seri RS/6000 yang belakangan menjelma menjadi IBM eServer pSeries, kemudian IBM System p, dan akhirnya sebagai IBM Power Systems.

AIX versi 4 diperkenalkan di tahun 1994 yang telah ditambahkan dengan kemampuan “symmetric multiprocessing” bersamaan dengan peluncuran server RS/6000 SMP yang dipasarkan selama dasawarsa 1990an. AIX v4 mencapai puncaknya bersama peluncuran AIX 4.3.3 di tahun 1999.

AIX versi 5 yang lebih dikenal sebagai AIX 5L membawa kernel 64 bit sejati. Aksara L di AIX 5L adalah kode untuk Linux, dan AIX v5 ini telah menyertakan banyak antarmuka aplikasi yang ramah terhadap Linux berikut sejumlah perkakas open source yang dikemas di AIX Toolbox.

AIX V5 berperan antara tahun 2000 sampai 2006 yang melahirkan versi AIX 5.1 dengan fitur LPARs, AIX 5.2 berfitur Dynamic LPARs dan AIX 5.3 memiliki fitur seperti MicroPartitions, Virtual I/O dan Simultaneous Multithreading.

AIX v6 diperkenalkan pada tahun 2007 yang memiliki banyak kemampuan baru seperti Workload Partitions, Role Based Access Control, dan Encrypting Filesystems. AIX 6 juga merupakan rilis AIX pertama yang menerapkan program Open beta.

Saat ini AIX telah berada di generasi 7 yang banyak digunakan untuk sistem Cluster. Pada hakekatnya pengembangan AIX lebih banyak terkait dengan prosesor yang dikembangkan oleh IBM sendiri. Sistem IBM terkini merupakan kombinasi dari Power7 dan AIX 7.1 dengan istilah “Power” sebagai singkatan dari “Performance optimized with enhanced RISC“.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s