Fedora 14: Ambisi “Laughlin” Di Awan

Belum ada 6 bulan setelah Goddard (Fedora 13), proyek Fedora telah menyusulkan versi Fedora 14 “Laughlin” pada tanggal 2 November 2010 sebagai distribusi yang namanya diambil berdasarkan ahli fisika Robert B. Laughlin. Versi baru Fedora ini memiliki ambisi di awan, diklaim mampu memroses berkas Jpeg lebih cepat, dan disamping menyediakan virtualisasi untuk desktop yang melibatkan SPICE (Simple Protocol for Independent Computing Environments) juga banyak melakukan perbaikan untuk para pengembang.

Misalnya Libjpeg sekarang diganti dengan Libjpeg-Turbo, yaitu sebuah Fork yang mampu menggandakan kecepatan proses dekoder dengan menggunakan perintah-perintah MMX dan SSE. Karena itu, sejumlah aplikasi bawaan Fedora yang juga memanfaatkan paket tersebut akan menikmati keuntungan kinerja, terutama dirasakan oleh komputer usang.

Laughlin telah menggandrungi Cloud-Computing yang belakangan ini menjadi buah bibir dunia TI dengan menyediakan Ferdora 14 untuk pengguna Amazons Public-Cloud-Service EC2 dan untuk itu berjanji akan senantiasa melakukan pemeliharaan dimasa mendatang. Latar belakang yang mendukung ambisi Fedora di awan dipaparkan pengembang Justin Forbes di sebuah artikel dan di Fedora-Wiki.

Fedora 14 yang telah dilengkapkan dengan framework SPICE mendukung virtualisasi di desktop. SPICE atau “Simple Protocol for Independent Computing Environments” awalnya dikembangkan oleh perusahan Qumranet milik Red Hat, menawarkan sejumlah fitur untuk meningkatkan efisiensi dalam berkomunikasi antar sistem virtual termasuk sistem-sistem tamu dari desktop tersebut.

Guna mendukung pemeliharaan dan pengelolaan via Intelligent Platform Management Interface (IPMI) Fedora telah menyediakan Ipmiutil. Penyertaan baru lainnya adalah OpenSCAP, yaitu implementasi Open-Source untuk Security Content Automation Protocol (SCAP) yang juga didukung oleh Windows 7, mencakup sederet standar keamanan yang menyederhanakan pengelolaan sistem sekuriti. Latar belakang pemanfaatan OpenSCAP untuk Laughlin dijabarkan oleh Red Hat dalam sebuah artikel khusus.

Rincian dari dukungan Fedora untuk memanjakan pengembang dapat dibaca dari daftar pembaruan yang memuat daftar perbaikan untuk komponen yang dibutuhkan oleh para pengembang. Sebagai contoh adalah penyertaan Rakudo Star, yaitu sebuah Perl-6-Distribution. Sebagai dukungan terhadap bahasa pemrograman D, Fedora telah melakukan peningkatan dari versi 4.4.4 ke versi 4.5.1. Penggantian generasi di Fedora 14 terjadi pada Eclipse dengan penyertaan Helios versi 3.6 dan bagi yang lebih suka Netbeans tersedia dalam versi 6.9.

Boost diaktualkan ke versi 1.44.0, sementara Erlang ke versi R14. Beberapa perubahan di berkas .debug adalah untuk meningkatkan akselerasi dari GNU Debugger (GDB). Fungsi baru di GDB memudahkan penelusuran kode-kode didalam program atau di pustaka (Libraries). Semua perbaikan seputar GDB dapat disimak dalam bentuk sebuah artikel dan Video-Interview di situs Red Hat. Fedora juga menyertakan di lumbung repositorinya lingkungan pengembangan untuk GNUstep, termasuk Python 2.7, Perl 5.12 adn Ruby 1.8.7.

Aplikasi-aplikasi yang disediakan untuk desktop Fedora adalah versi ujicoba OpenOffice 3.3, sementara lingkungan desktop yang dipasang adalah versi GNOME 2.32 yang dirilis bulan September lalu. Untuk pecinta KDE tersedia Plasma Desktop versi 4.5.2 dengan Qt 4.7. Selain itu juga disediakan antarmuka Sugar versi 0.90 yang ditargetkan untuk dunia pendidikan dan berasal dari proyek OLPC (One Laptop Per Child). Di lumbung repositori juga tersedia antarmuka desktop untuk Fedora 14 termasuk Moblin untuk Netbooks.

Kendati GNOME telah memiliki browser Epiphany, namun Fedora mengutamakan Firefox dengan versi 3.6.12 sebagai aplikasi untuk berselancar. Program pengolah gambar GIMP juga merupakan aplikasi grafis standar untuk Fedora.

Kernel yang dipasang di Fedora 14 adalah versi Linux 2.6.35.6 yang terbit dibulan Agustus lalu. Dibandingkan dengan distro lainnya, pengembang Fedora tidak terlalu banyak mengintegrasikan perubahan dikernel. Sejumlah Patches yang dilakukan Fedora di Kernel termasuk antara lain adalah aktualisasi driver Nouveau dan Userspace-Tracing-Framework Utrace, disamping telah melakukan beberapa perubahan yang diturunkan dari versi Kernel 2.6.36 seperti halnya perbaikan kinerja remote control InfraRed dan untuk IR-Hardware lainnya.

Seperti di versi sebelumnya, Laughlin mendukung “Next Generation File System for Linux” Btrfs yang masih berada dalam pengembangan. Barang siapa yang ingin memanfaatkannya sejak awal, sebaiknya menggunakan cara instalasi tradisional dan mengisi parameter Boot dengan “btrfs”.

Kernel bawaan Fedora untuk Fedora 14 tidak mendukung operasi operasi Xen-Host (Dom0) dan sebagai standar Boot-Manager digunakan Fedora Grub 0.97, sementara Grub2 bila diinginkan bisa diperoleh dari repositori.

Aplikasi virt-v2v yang menjadi bagian dari Fedora 14 digunakan untuk memudahkan migrasi mesin virtual dari XEN ke KVM. Bagi yang ingin mencoba lebih dini, tersedia dalam rangka acara Virtualization Technology Preview Repo. Disini para Sysadmin bisa dengan mudah mengujicoba paket yang telah diperbaharui dan lainnya yang diperlukan untuk mengupdate mesin virtul mereka tanpa risiko.

Seperti di versi sebelumnya, Fedora tidak membundel driver proprietari baik dari AMD maupun Nvidia. Untuk memasang driver itu pengguna dapat mengunduh langsung dari repositori Add-On seperti di RPM-Fusion dan proses instalasinya tidaklah semudah Ubuntu. Mendukung penampilan grafis, Fedora 14 telah menyertakan versi X-Server 1.9.



Daftar Sebagian dari Pembaruan di Fedora 14

Paket Software Tipe Keterangan
Boost 1.44 Update Percepat proses rilis di Fedora Upstream
D Bahasa Pemrograman D compiler (LDC) dan penambahan Standar Pustaka Runtime D (Tango)
EC2 Cloud Service Permudah Fedora 14 mengakses dan adaptasi dengan Amazon EC2 Cloud Service
Eclipse Helios Update Stack Eclipse dari Fedora di rilis Helios
Erlang R14 Update Perbaikan Erlang untuk Fedora Upstream
Gdb Index Update Meniadakan berkas Index yang tidak diperlukan dari berkas .debug
GNUstep Update Lingkungan pengembangan mendukung antarmuka pengguna untuk gcc.
ipmiutil Update Sebuah alat bantu pengelola server IPMI
libjpeg-turbo Baru libjpeg-turbo merupakan cabang dari proyek libjpeg yang memungkinkan penampilan gambar lebih cepat.
KDE Update Berlandasan pada KDE SC 4.5.1 dan KDE Plasma.
Memory Debugging Tools Baru Penambahan komando untuk gdb Debugger untuk menemukan dan mengangkat beban memori dari progaram dan aplikasi.
NetBeans 6.9 Update Penyertaan paket-paket yang telah ditingkatkan.
Open SCAP Baru Open-source Security Content Automation Protocol (SCAP) Framework menawarkan set sebagai basis untuk aplikasi dan OVAL/XCCDF security.
Perl Update Perbaikan rutin untuk Perl 5.12
Python Update Python di Upstream 2.7
Rakudo Star Lingkungan Pengembangan Rakudo Star mengandung Rakudo Compiler dan Modul, Blizkost seperti juga dokumentasi
SPICE Vistualisasi Spice merupakan solusi Open Source yang lengkap untuk menangani interaksi dengan desktop virtual.
Sugar Update Perbaikan untuk lingkungan Sugar eLearning 0.90
Ruby Update Ruby di Upstream 1.8.7
Sekilas Tentang Proyek Fedora
Awalnya adalah proyek fedora.us yang independen dan telah berdiri
sejak akhir tahun 2002. Setelah proyek ini berjalan hampir satu
tahun, dibulan September 2003 Red Hat mengumumkan pemisahan antara
produk enterprise dengan konsumer yang telah digabungkan dengan
fedora.us sebagai sebuah proyek komunitas dengan nama Fedora Core.
Di tahun 2005 Red Hat kemudian mendirikan Fedora Foundation sebagai
yayasan yang independen, namum memenuhi hukum yang berlaku di Amerika
yayasan ini kemudian harus dibubarkan dan diumumkan Red Hat di bulan
April 2006. Sejak hari itu Fedora dikembangkan oleh Masyarakat
Pengembang yang dikelola oleh Dewan Proyek Fedora (Fedora-Project-Board)
dan tetap dibiayai oleh Red Hat sebagai perusahan sponsor.
Sejak tahun 2008 Red Hat menyerahkan mayoritas suaranya kepada
komunitas yang telah mengantongi 5 dari 9 suara di dewan.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s