Pembaruan di Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat

Sebagaimana dijadwalkan, Maverick Meerkat tiba sekitar dua bulan lalu sesuai rencana sebagai “Perfect Ten” tepat pada tanggal 10 bulan 10 tahun duaribu 10 bahkan pukul 10:10:10 waktu UTC, yaitu saat email pengumuman tentang pelucurannya disebarluaskan.

Sebuah timing yang perfect digunakan untuk mendongkrak upaya marketing Ubuntu 10.10. Dan apabila angka binari 101010 diterjemahkan sebagai angka desimal 42, secara kebetulan telah memiliki arti kehidupan untuk sebuah supercomputer seperti dipaparkan di novela fiksi sain dari Douglas Adams: The Hitchhiker’s Guide To The Galaxy.

Rilis Maverick Meerkat meneruskan kecenderungan atau trend pengembangan Ubuntu yang menjadikan Software-Center sebagai pasar untuk aplikasi Linux, layanan awan Ubuntu One yang ditingkatkan dan penggunaan disain font khusus untuk desktop Ubuntu.

Sejak 2004, pengembangan distro Ubuntu berlangsung dengan jadwal yang pasti setiap 6 bulan sekali disamping setiap dua tahun menyediakan versi LTS (Long Term Support) yang menjamin dukungan jangka panjang yaitu selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk server dalam bentuk perbaikan dan updates. Sebagai konsekwensi terhadap jaminan stabilitas jangka panjang, versi LTS dikembangkan lebih konservatif, sementara versi biasa yang mendapat dukungan hanya 18 bulan saja mengemas versi software baru dan sejumlah fitur eksperimental.

Dengan konsep seperti itu, maka bila dibandingkan versi LTS terakhir Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx), versi Ubuntu 10.10 lebih banyak membawa pembaruan disamping fitur-fitur baru untuk diuji coba.

Salah satu perbaikan yang kasat mata adalah pada tampilan installer berikut upaya untuk mempermudah proses partisi yang dibutuhkan untuk sebuah instalasi baru. Instalasi juga menawarkan penggunaan sistem berkas masa depan “Next Generation Filesystem” Btrfs, namun implementasinya di Kernel 2.6.35 ini masih berstatus ujicoba dan untuk itu diperlukan extra partisi Boot tersendiri. Soal penerapan Btrfs pernah dibahas diawal pengembangan Ubuntu 10.10 untuk kemungkinan dijadikan sebagai sistem berkas standar versi Maverick Meerkat. Karena upaya tersebut tidak disepakati, maka untuk Ubuntu 10.10 secara default tetap digunakan Ext4 sebagai file system.

Seperti sebelumnya, proses instalasi berlangsung dilatar belakang. Yang baru kali ini adalah urutan proses dimana penentuan zona waktu, jenis papan ketik dilakukan setelah proses partisi, sementara dilatar belakang berlangsung pemasangan sistem. Atas kehendak pengguna, Ubuntu 10.10 dapat memasang plug-ins mp3 untuk Fluendo berikut update via internet saat proses instalasi berlangsung. Pada turunan Ubuntu 10.10 terbitan komunitas seperti halnya Ubuntu SuperOS 10.10, Ubuntu Complete Remix 10.10 dan beberapa distro lainnya, umumnya telah disertakan plug-ins dan codecs bersama media instalasi sehingga koneksi Internet tidak dibutuhkan, dan setelah penuntasan instalasi bisa langsung berlagu memutar mp3 dan video.

Dibalik kap mesinnya Maverick Meerkat terpasang versi Kernel Linux 2.6.35 yang terbit bulan Agustus lalu. Dibandingkan versi Kernel 2.6.33 yang dibawa Ubuntu 10.04 sebelumnya, kernel ini telah mendapatkan perbaikan terutama untuk pengelolaan enerji melalui Powermanagement, dukungan untuk kartu grafis Radeon dan perbaikan kinerja untuk sistem tamu virtual. Fitur TurboCore yang disediakan prosesor ber-inti 6 besutan AMD juga didukung kernel ini, seperti juga fitur serupa untuk prosesor Intel dengan codename SandyBridge yang rencananya akan diluncurkan awal tahun depan.

Pustaka (C-Library) Glibc telah diaktualisasi ke versi 2.12 dan X-Server menjadi versi 1.9. Menurut beberapa sumber di Internet, hal ini membawa dampak hilangnya kompatibilitas dengan driver proprietari untuk kartu grafis Nvidia versi lama mulai dari jaman baheula sampai dengan GeForce 5. Walaupun driver untuk nvidia-96 dan nvidia-173 masih bisa ditemukan di lumbung repositori, namun disebutkan bahwa ia tidak jalan bersama versi X-Server 1.9. Sementara itu, sistem X Window bersama X.org 7.5 bila dibandingkan dengan bawaan Ubuntu 10.04 nyaris tidak ada perubahan kecuali perbaikan rutin.

Sistem antarmuka Hardware Abstraction Layer (HAL) yang menyambungkan pendeteksian perangkat keras oleh kernel dengan desktop, kini samasekali ditiadakan. Sejatinya, di sebuah arsitektur sistem Linux moderen, HAL telah lama dipensiunkan dan digantikan dengan pengembangan lebih moderen menggunakan Udisks dan Upower, dan penggusurannya semestinya telah dijadwalkan sejak Ubuntu 10.04.

Ubuntu Software-Center, yaitu perkakas untuk memperoleh dan menginstalasi software baru adalah salah satu bagian yang telah divermak habis-habisan. Seperti mesalnya ketika pengguna masuk atau belanja di toko software legal, pertama-tama ia dipresentasikan oleh pengelola software center ini dengan software yang direkomendasi berikut software terkini. Disamping program aplikasi bebas biaya, kali ini tersedia dan pengguna dapat membeli paket aplikasi berbayar. Cukup menarik disini adalah fungsi yang menunjukkan statistik dari paket yang telah dinstall dan yang dihapus.

Perbaikan lainnya dilakukan di fitur Ubuntu One antara lain adalah integrasi layanan Online dari Ubuntu One yang menawarkan akses bebas biaya sebesar dua Gbyte memori di awan dan sinkronisasi lintas desktop untuk berkas, bookmarks dan alamat yang lebih sempurna. Nautilus juga menawarkan fitur dengan opsi yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan Ubuntu One. Kecuali itu proses pendaftaran untuk Ubuntu One juga telah dimuluskan.

Koneksi dengan perangkat mobile juga mendapat perbaikan, misalnya pengguna kini dapat mengakses lagu-lagu yang sebelumnya dibeli via iTunes-Analog Rhythmbox, kemudian dipancarkan (streaming) via Ubuntu One menggunakan iPhone atau smartphone Android. Fitur sinkronisasi mobile ini termasuk layanan berbayar dari Ubuntu One. Untuk pengguna Windows juga telah tersedia versi Ubuntu-One-Client for Windows.

Tapilan secara optik desktop Ubuntu dibandingkan versi LTS sebelumnya nyaris tidak ada perbedaan. Sebagai lingkungan desktop untuk Maverick Meerkat digunakan versi Gnome 2.32. Perbedaan paling mencolok adalah perubahan penepatan tombol minimasi dan maksimasi untuk jendela, disamping penggunaan font kali ini merupakan hasil disain Ubuntu yang tampil lebih moderen.

Ubuntu-Font yang baru itu awalnya direncanakan untuk dibundel bersama Gnome 3.0, namun setelah jadwal rilis versi Gnome 3.0 ternyata mundur, maka pengembangnya tidak memiliki pilihan lain kecuali menggabungkannya dengan versi Gnome 2.32 sebagai sebuah solusi transisi kali ini.

Sementara itu untuk edisi desktop lainnya seperti Kubuntu Maverick telah ditingkatkan dan menggunakan versi lingkungan desktop versi KDE 4.5.1, sedangkan edisi Xubuntu yang hemat enerji dan hemat tenaga komputer datang menggunakan desktop XFCE versi 4.6.2. Peningkatan desktop XFCE 4.6.2 dibandingkan versi 4.6.1 yang terpasang di Xubuntu 10.04 tidaklah banyak, sementara peningkatan di desktop KDE dari versi 4.4.2 ke versi 4.5.1 terletak pada stabilitas, kinerja dan kegunaannya (usability). Aplikasi dasar lainnya yang telah diupdate termasik Firefox 3.6.10, OpenOffice ke versi 3.2.1.

Aplikasi pengeloala foto F-Spot yang dianggap kurang disukai pengguna kini diganti dengan Shotwell yang memiliki beberapa fitur menarik. Untuk mengelola musik disertakan Rhythmbox yang dapat langsung dikendalikan dari tombol penyetelan volume di panel bila pemutaran lagu sedang berlangsung. Versi baru dari Evolution 2.30 diklaim bekerja lebih cepat ketimbang versi sebelumnya. Aplikasi Gwibber sebagai klien untuk Micro-Blogging mulai sekarang menyimpan datanya di basis data SQLite yang diklaim memberikan kinerja lebih baik, namun sayangnya data dari Gwibber tidak lagi bisa langsung disinkronisasikan via komputer.

Unity sebagai antarmuka edisi Netbook:
Sebuah pembaruan dibandingkan versi sebelumnya terjadi pada edisi untuk Netbook dengan penerapan antarmuka Unity. Unity adalah antarmuka yang dioptimalkan untuk layar ukuran kecil seperti umumnya dimiliki komputer jinjing tipe Netbook. Keterbatasan resolusi vertikal diperbaiki dengan meniadakan panel bawah dan memindahkan fungsi panel atas ke sisi sebelah kiri yang secara kesulurahan memberikan ruang kerja yang lebih luas menggunakan fitur fullscreen.

Secara keseluruhan “the perfect ten” cukup meyakinkan dan rata-rata sedikit menuai masalah untuk hardware yang beredar dipasaran. Canonical menyebutkan bahwa kartu grafis besutan Intel lebih teruji ketimbang kartu grafis Radeon atau Nvidia yang belum diuji sempat diuji secara mendetil walaupun pada pada perinsipnya bisa digunakan.

Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) adalah edisi biasa yang terbit berkala setengah tahun sekali diantara edisi khusus LTS (Long Term Support) dengan dukungan jangka panjang yang disisipkan setiap dua tahun sekali. Pengguna edisi LTS terakhir versi 10.04 dapat mempertimbangkan sesuai prioritas apakah sebaiknya beralih ke versi baru biasa 10.10 ini atau bertahan di versi LTS 10.04. Kendati “the perfect ten” lebih aktual, namun dukungan untuk versi biasa ini terbatas satu setengah tahun yaitu sampai dengan April 2012 sementara versi LTS 10.04 masih menerima dukungan berlanjut sampai dengan April 2013 dan edisi servernya bahkan sampai 2015.

Ubuntu 10.10 resminya menyediakan media yang mendukung arsitektur 32 dan 64-Bit untuk platform x86 dan kompatibel, dengan variasi siap pakai baik untuk Desktop maupun Server, sementara versi Netbook tersedia untuk 32-Bit saja.

Komponen proprietari seperti driver grafis dan Codecs untuk memutar musik dan video, berdasarkan kebijakan tidak dibundel dalam media resmi walaupun komponen dimaksud bebas biaya dan dibutuhkan koneksi internet untuk memasangnya.

Situs Medibuntu (http://medibuntu.org/) juga telah menyediakan komponen untuk Ubuntu 10.10. Medibuntu adalag lumbung repositori khusus yang menyediakan komponen tambahan menyokong software Multimedia untuk Ubuntu terutama kekurangan dari media resmi besutan Canonical termasuk aneka Codecs, berkas pustaka, berkas Firmware dan aplikasi Multimedia.

Bagi yang ingin mendapatkan Maveric Meerkat langsung bunyi tanpa sambungan Internet, tersedia aneka media kompilasi ulang dari komunitas dengan adonan aplikasi yang beragam seperti SuperOS (Ubuntu Super) 10.10, UCR 10.10 (Ubuntu Complete Remix), PenguyOS 10.10, Ultimate Edition 2.8 dan lainnya.

Sumari Biodata Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat):

  • GNOME 2.32.0 desktop environment;
  • Linux kernel 2.6.35.3;
  • Nouveau video driver;
  • X.Org 7.5;
  • Xorg Server 1.9.0;
  • Compiz Fusion 0.8.6;
  • Artwork baru.

Fitur Ubuntu 10.10 selayang pandang:

  • Komponen Installer divermak-abis, penggunaanya dipermujdah dan disederhanakan;
  • Tersedia 17 wallpapers baru;
  • Tema tampilan default Ambiance disempurnakan;
  • Penerapan font baru besutan tim Ubuntu yang lebih moderen dan menarik;
  • Dukungan Ubuntu One untuk perangkat mobile Android dan iPhone dengan kemampuan sinkronisasi koleksi musik;
  • OneConf yang memungkinkan pengguna memudahkan untuk sinkronisasi aneka aplikasi terinstallasi di sejumlah komputer melalui Ubuntu Software Center;
  • Perbaikan dan peningkatan pada Ubuntu Software Center;
  • Mendukung software aplikasi komersial yang bisa dibeli via Ubuntu Software Center;
  • Perbaikan pada aplikasi Calculator dengan sejumlah fitur baru;
  • Perbaikan pada Indicator Applet seperti pada aplet pengatur volume yang sekarang mendukung Rhythmbox;
  • Peningkatan kecepatan pada aplikasi Computer Janitor;
  • Dukungan untuk gestures dengan multi-touch via Ubuntu’s uTouch 1.0 gesture dan multi-touch stack;
  • Dan banyak perbaikan lainnya yang tidak dirinci satu persatu disini.

Penyertaan Program Aplikasi terpenting:

Accessories:

  • Calculator 5.32.0 (sebuah kalkulator arithmetic, scientific dan financial);
  • Character Map 2.32.0 (memungkin untuk menyliokan karakter khusus di dokumen);
  • Baobab 2.31.1 (disk usage analyzer);
  • Search untuk Files;
  • Gnome Screenshot 2.32.0 (menyimpan gambar untuk desktop);
  • Gnome Terminal 2.32.0 (untuk penggunaan command-line);
  • Gedit 2.30.3 (semacam notepad sebagai sebuah text editor intuitif yang ringan dan memiliki fitur spell-checker);
  • Tomboy 1.4.0 (untuk catatan kecil di desktop).

Graphics:

  • Shotwell 0.7.2 (photo manager, RAW importer dan editor);
  • OpenOffice.org Drawing 3.2.1 (drawings, logos, flow charts creator dan editor);
  • Simple Scan 2.32.0 (scan, copy dan faksimili).

Internet tools:

  • Empathy 2.32.0 (multi-protocol instant messenger);
  • Firefox 3.6.10 (web browser popular);
  • Gwibber 2.32.0.1 (klien microblogging);
  • Vinagre 2.30.2 (remote desktop viewer);
  • Terminal Server Client 0.150 (rdesktop, vncviewer, wfica, xnest frontend);
  • Transmission 2.04 (klien BitTorrent yang ringan).

Office tools:

  • Dictionary 2.31.1 (perkakas untuk kamus daring);
  • Evolution Mail 2.30.3 (klien email yang powerful);
  • Suit OpenOffice.org Suite 3.2.1 (spreadsheet, presentation dan word processor).

Sound dan Video:

  • Brasero 2.32.0 (aplikasi pembakar CD/DVD);
  • Totem 2.32.0 (DVD-Video, DivX, XviD, WMV, MOV player);
  • PiTiVi 0.13.5 (movie creator dan editor);
  • Rhythmbox 0.13.1 (Last.fm, radio and music player/organizer);
  • Sound Recorder 2.31.6 (audio recording tool).

Perlengkapan untuk Administrator Sistem:

  • Computer Janitor 2.0.4 (permbersih sistem);
  • Palimpsest Disk Utility 2.30.1 (pengelola disk drive dan konfigurasi);
  • Synaptic Package Manager 0.63.1 (install, remove dan upgrade paket-paket software);
  • Ubuntu Software Center 3.0.4 (software installer/updater tool).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s