OpenPanel Rilis Versi Stabil Pertama

Tim pengembang asal negeri Belanda merilis versi stabil pertama software alat bantu sysadmin OpenPanel 1.0 untuk mengelola sistem server dan desktop menggunakan antarmuka web dan command-line.

OpenPanel adalah sistem yang dibangun secara modular untuk adminstrasi pengelolaan lingkungan server dan desktop. Seperti ditulis di situs pengembangnya, aplikasi ini merupakan platform terbuka dimana pengguna atau pengembang lainnya dapat merealisasikan ideanya dengan mudah diatas OpenPanel. Kunggulan lain dari OpenPanel adalah termasuk antarmuka yang moderen dan bersih yang dibangun secara modular dan terbuka.

Versi final 1.0 yang baru dilansir, OpenPanel mendukung konfigurasi sistem untuk Apache-Virtual-Hosts dan akun pengguna SSH. Kecuali itu aplikasi ini membantu dalam hal mengkonfigurasi zona BIND9-DNS seperti juga pada domain mail untuk Postfix dan Courier-IMAP. OpenPanel juga bisa digunakan untuk membuat dan mengelola akun aplikasi PureFTP dan akun basis data MySQL. Fungsi lainnya termasuk untuk mengkonfigurasi IPTables dan mmbantu dalam software update menggunakan apt.

Pada saat ini OpenPanel baru mendukung distro Linux Debian 5.0 Lenny, namun dilapurkan bisa jalan diatas Debian 6 Squeeze dan Ubuntu 10.04 LTS. Paket untuk distro berbasis RPM belum ditawarkan, namun bisa dipasang dengan mengkompilasi kode sumbernya.

OpenPanel 1.0 bisa langsung diunduh dari situs pengembangnya berikut panduan instalasi dan konfigurasi dari software yang menganut pemahaman lisensi GNU General Public License (GNU GPL).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s