Tribler 5.3.1: Filesharing Desentral dan Videostreaming

Tribler adalah software aplikasi open source untuk Filesharing yang seratus persen desentral termasuk dukungan untuk Videostreaming. Versi Tribler 5.4.1 yang juga memanfatkan teknologi torrent tanpa perlu lagi Tracker dan berkas Torrent disamping fitur baru penjaring Spam.

Tribler menggunakan jaringan “Overlay-Networks” dan dengan demikian menjadikan sistem ini sepenuhnya desentral. Walaupun masih menggunakan protokol Bittorrent untuk transmisi data, namun ia tidak memerlukan baik Tracker maupun file Torrent.

Tribler mendukung Videostreaming yang dipancarkan melalui jaringan Tribler dan bisa ditampilkan Live via sebuah video-player yang terintegrasi. Konten yang diinginkan dapat dicari via fungsi “search” yang sejak versi 5.3.1 ini telah mendukung fitur penjaring spam dengan pilihan kriteria baik manual maupun otomatis. Tribler juga memiliki komponen yang mendukung jejaring sosial, dimana pengguna dapat menandai kontak untuk dijadikan teman.

Tribler berasal dari negeri Belanda dan dikembangkan di dua perguruan tinggi yaitu Universitas Teknik Delft dan Universitas Amsterdam. Software Filesharing ini dibuat dengan tujuan untuk menyediakan landasan terbuka yang bisa diakses siapa saja untuk sebuah jaringan Filesharing yang bisa dimanfaatkan baik untuk urusan pribadi maupun bisnis. Pengembangan yang dilakukan di dua universitas tersebut didanai oleh Uni Eropa dalam rangka program P2P-Next untuk pengembangan teknik Peer-to-Peer.

Software Open Source Tribler 5.3.1 saat ini tersedia untuk platform Windows, sementara versi untuk Linux sedang dikerjakan. Edisi klien untuk Mac-OS-X juga tersedia dan akan diaktualisasi ke versi 5.3.1.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s