Scribus 1.3.9 Perbanyak Palet Warna

Aplikasi Desktop Publishing berlisensi bebas Scribus perbanyak palet warna di versi terkini 1.3.9 yang dirilis minggu lalu. Versi stabil ini dapat digunakan untuk pekerjaan produktif dan merupakan versi transisi menjelang langkah besar dari rencana terbitnya Scribus 1.4.0 mendatang.


Scribus 1.3.9 meluruskan sekitar 70 kekeliruan dan pengembangnya menggunakannya sebagai landasan untuk proses stabilisasi menuju versi 1.4.0. Kecuali itu, kode sumbernya juga telah diselaraskan agar bisa dimanfaatkan untuk sistem operasi FreeBSD dan NetBSD.

Walaupun pengembangnya yakin versi ini baik untuk produksi, namun resminya versi stabil masih tertera versi 1.3.3.14 yang sudah tersedia sejak bulan Februari 2010 lalu. Dengan penerbitan versi 1.4 tim pengembang Scribus rencanakan rilis stabil berikutnya, sementara itu pengguna dapat mencoba fitur baru yang dibawa oleh versi Scribus 1.3.9 kali ini.

Kesalahan pada profil ICC dari berkas gambar yang membuat progam roboh (crash) kini telah diperbaiki dan program DTP ini tanpa masalah bila menangani berkas EPS yang tidak konform. Berkas bitmaps yang berasal dari sistem Windows dan OS/2 juga bisa diimpor dengan baik. Disamping itu pengembangnya telah menambahkan sejumlah palet warna baru termasuk dari perusahan Resene.

Scribus tersedia bebas untuk platform Windows, OS/2, Mac OS X dan Linux. Di lumbung resminya sourceforge.net tersedia kode sumbernya dan versi program EXE untuk Windows, sementara untuk Linux tersedia di lumbung repository masing-masing distro atau paket deb untuk Debian dan Ubuntu, seperti juga RPM untuk openSUSE.

Scribus dapat dijadikan padanan menggantikan program DTP proprietari seperti Adobe InDesign, Adobe PageMaker, CorelDRAW, Microsoft Office Publisher atau QuarkXPress dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s