Awan Ubuntu Masuk Jendela Windows

Layanan penyimpanan data di awan Ubuntu One dari Canonical akan melayani pengguna Windows. Versi awal software klien untuk Windows yang tersedia, pertama-tama hanya mendukung fitur pertukaran berkas antar platform Windows dan Ubuntu.

Versi beta dari Windows-Client untuk mengakses Ubuntu-Cloud akan dikembangkan dengan penambahan fitur seperti untuk mensinkronisasikan Contacts dan Bookmarks. Pengguna yang memiliki akun atau akses untuk Ubuntu One dapat mendaftar diri sebagai Betatester.

Canonical telah memulai layanan Cloud Service-nya sejak tahun 2009 lalu sebagai Ubuntu One dan awalnya hanya untuk pengguna sistem operasi Ubuntu mulai versi Ubuntu 9.04. Versi layanan paling kecil disediakan bebas biaya dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 2 GByte spasi daring. Dengan layanan Ubuntu One, klien yang telah terpasang di desktop Ubuntu bisa melakukan pertukaran berkas termasuk sinkronisasi Bookmarks dan Alamat. Ubuntu menggunakan sistem basis data CouchDB untuk menyimpan data pengguna di awan. Kecuali untuk Linux juga telah tersedia klien-klien untuk Android dan Apple’s iPhone dan iPad yang menawarkan peningkatan ke layanan lebih luas dan berbayar.

Peningkatan paket penyimpanan di awan per 20 GByte dikenakan biaya 2,99 Dollar per bulan atau 29,99 Dollar per tahun. Kecuali itu tersedia layanan Ubuntu-One-Mobile yang antara lain menyediakan layanan streaming musik yang dibeli dari perangkat Android atau Apple dengan biaya langganan sebesar 3,99 Dollar per bulan atau 39,99 Dollar per tahun.

Software klien untuk pengguna Windows bisa dijalankan mulai versi Windows XP dengan SP3 keatas dan mensyaratkan .Net-Framework versi 4 dengan Windows-Installer versi 4.5.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s