VDrift: Simulasi Drift Racing

VDrift adalah simulator driving sumber terbuka dan lintas platform didisain terutama untuk drift racing. Game simulator VDrift dibuat sejak 2005 oleh Joe Venzon sebagai fan dari permainan Gran Turismo. Tidak puas dengan Gran Turismo, Joe kemudian menemukan proyek open source Vamos Automotive Simulator yang memiliki kinerja lebih baik namun kurang dalam hal grafik dan fitur. Menggunakan Vamos sebagai basis dan menambahkan fitur dan grafik yang lebih baik merupakan upaya utama dari proyek VDrift.

Core dari game ‘drift’ racing ini dibangun berdasarkan racing movie terkini dengan pengendara tunggal terutama untuk simulasi fisik mengemudikan kendaraan yang didisain pengguna. Kebanyakan pengguna program ini diklaim menyukai grafik yang cukup realistik dan efek sound sebagai sarana untuk pelatihan mengendarai mobil yang semuanya tanpa otomatik. Pengendara harus memperhatikan dengan baik suara mesin guna menentukan saat yang tepat untuk pindah gigi terutama di tikungan yang tajam. Sembilan belas jenis mobil yang tersedia memiliki dasboard realistik termasuk agar pengendara bisa mengetahui kapan harus berhenti mengisi BBM.

Beberapa lusin jenis tracks yang diturunkan dari track-track yang ada di dunia nyata seperti halnya juga untuk jenis mobil yang disediakan. Sebagai alat pengendali program VDrift, pengguna dapat memanfaatkan mouse, joystick, steering wheel, keyboard atau gamepad. Pengguna dapat juga bertanding melawan komputer.

Komunitas pengguna VDrift merupakan pendorong lajunya pengembangan proyek open source yang cukup akttif ini dengan berbagai saran untuk fitur dan peningkatan yang diinginkan. VDrift juga menyediakan situs dimana pengguna dapat mengunggah kendaraan yang mereka disain atau mengunduh add-on cars yang diinginkan. VDrift dirilis dibawah lisensi GNU/GPLv2 dan tersedia untuk platform Linux (Ubuntu), FreeBSD, Mac OS X dan Windows ( Cygwin).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s