PSPP: Program Statistika Bebas, Padanan SPSS

PSPP adalah aplikasi statistika digunakan untuk menganalisa sampel data dan merupakan sebuah AOSA (Aplikasi Open Source Alternatif) untuk menggantikan SPSS. Lebih dari itu, program sumber terbuka PSPP yang menerapkan lisensi GNU/GPLv3 ini tidak membatasi penggunaan fitur dan tidak memaksa mendapatkan versi khusus guna mengakses fungsi advance.

Seperti pada SPSS, PSPP dapat digunakan untuk pengujian non-parametric, descriptive statistics dan lainnya. Pemrosesan yang dilakukan PSPP diklaim sangat cepat dan tidak tergantung dari volume data yang di-input. PSPP didukung dengan antarmuka grafis, namun dapat juga dijalankan via syntax commands.

Kecuali itu, penting bagi pengguna yang akan beralih adalah kompatibilitas data dan berkas PSPP maupun syntax-nya adalah kompatibel dengan SPSS dan PSPP mendukung lebih dari satu miliar variable dan kasus. PSPP juga bisa bertukar data dengan aplikasi seperti OpenOffice.org, Gnumeric dan software sumber tebuka lainnya. Seperti pada SPSS, sangat mudah mengimpor data berasal dari sumber lain seperti berkas teks atau berkas spreadsheets. PSPP mampu mengekspor data ke format berkas atau sistem portable termasuk format ASCII. PSPP dapat dijalankan dan mendukung sistem operasi Linux, Windows dan Mac OSX.

Sebagai format output data dan grafik tersedia pilihan termasuk PDF, HTML dan ASCII. PSPP juga memproduksi histograms dan aneka charts agar bisa diragakan dengan tampilan yang mudah dimengerti. Sejatinya PSPP tampil, disamping sangat sedikit perkecualian adalah serupa dengan SPSS. Simak keterangan lebih rinci di situs PSPP.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s