ownCloud 1.1 Tambahkan Sistem Plugin

Sebagai bagian dari proyek KDE telah rilis versi ownCloud 1.1 yang menyertakan fitur baru untuk mengelola user dan sebuah sistem Plugin.

ownCloud adalah sebuah layanan di awan (Cloud Services) yang diimplementasikan pemrograman PHP. Menggunakan ownCloud pengguna dapat membangun di hardware miliknya sebuah penyimpanan dokumen atau berkas secara daring (online) yang dapat diakses dari mana saja melalui koneksi internet handelt via WebDAV. Version 1.1 mendukung basis data PostgreSQL dalam tahapan ujicoba, namun secara standar digunakan MySQL.

Sistem Plugin yang baru di versi ownCloud 1.1 ini memberikan peluang kepada pengembang untuk membuat dan memasang Plugin seperti misalnya Plugins untuk galeria foto, server koleksi musik atau Podcast Catcher.

Untuk sistem Linux dapat dimanfaatkan KDE KIO-Slave yang menggabungkan peyimpanan data daring (Online Storage) dengan sistem lokal menggunakan FUSE, sementara Lalulintas data diamankan menggunakan SSL. ownCloud mendukung standar Open Collaboration Services API dan dengan demikian pengguna secara otomatis mengetahui aktfitas ownCloud misalnya bila kapasitas penyimpanan terlampaui atau perubahan ijin akses untuk dokumen yang dilakukan oleh pengguna lainnya.

Inisiatif proyek ownCloud berawal dari ajang acara di Camp KDE’10 saat pengembang Frank Karlitschek berbicara tentang Open Source Cloud. Menurut Karlitschek “The cloud is the future,” karena itu aplikasi deskop nantinya lambat lain akan berkurang. Walaupun saat ini telah tersedia banyak layanan di awan, kebutuhan akan penyimpanan data daring di hardware pribadi tetap memiliki peluang dan banyak dibutuhkan.

Versi perdana ownCloud dirilis pada bulan Juni lalu. Sebagai target pengembangan selanjutnya, tim pengembang ownCloud ingin menambahkan fitur lainya seperti sistem pengelola versions dan sinkronisasi dengan klien, disamping fitur yang memungkinkan sharing penggunaan berkas yang disimpan. ownCloud adalah software open source bernaung dibawah lisensi bebas GNU Affero General Public License v3. Software ownCloud 1.1 dapat diunduh dari arsip TAR dalam format bz2 atau via repositori Git.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s