Attachmate Janji Akan Pelihara OpenSUSE

Menurut Attachmate yaitu juragan baru untuk Novell dan SUSE, hubungan antara SUSE dan proyek openSUSE akan tidak ada perubahan. Hal itu disampaikan pimpinan Attachmate Jeff Hawn dalam siaran pers singkat yang disusulkan setelah pengumuman tentang akuisisi pada hari yang sama.

As noted in the agreement announced today, Attachmate plans to operate SUSE as a stand-alone business unit after the transaction closes. If this transaction closes, then after closing, Attachmate Corporation anticipates no change to the relationship between the SUSE business and the openSUSE project as a result of this transaction.”

Jelas, Novell dan SUSE sebagai perusahan yang masing-masing berdiri sendiri nantinya adalah bagian dari grup perusahan Attachmate termasuk NetIQ. Dibalik Attachmate yang memproduksi software untuk emulator terminal, Managed-File-Transfer dan Enterprise-Fraud-Management, adalah para investor Buyout Golden Gate Capital, Francisco Partners dan Thoma Bravo.

Proyek openSUSE dibangun dan disponsori oleh Novell di tahun 2006, yaitu setelah Novell (2003) mengambil alih perusahan Suse Linux GmbH. Sementara Novell melanjutkan bisnis layanan berbayar SUSE Linux Enterprise, proyek openSUSE menerbitkan secara berkala edisi bebas tanpa menyediakan layanan dan tanpa biaya. Beberapa anggota komunitas pengembang dibiayai sebagai karyawan Novell, disamping mensponsori infrastruktur (server) pendukung proyek openSUSE.

Dijaman sebelum era Windows, Novell dikenal baik dengan produk Netware-nya dan merupakan sebuah perusahan inovatif yang banyak mengantongi hak paten dan hak atas kekayaan intelektual, termasuk Unix-Copyrights. Untuk membendung praduga sehubungan pengalihan 288 paten ke konsorsium CPTN yang diurus Microsoft dengan imbalan 450 juta dollar, Novell juga telah langsung menyusulkan penjelasan tentang status Unix-Copyrights.

Menurut petinggi Novell John Dragoon maka Unix-Copyrights akan tetap dikantongi Novell yang telah diakuisisi Attachmate. Seperti diketahui, copyrights tersebut sampai saat ini masih dipermasalahkan SCO.

Novell telah memenangkan beberapa kali di meja hijau sengketa Unix-Copyrights sejak beberapa tahun lalu walaupun sampai sekarang masih belum tuntas karena SCO setelah kekalahanyan terakhir masih akan naik banding. Disamping paten-paten untuk Unix dan Mono, Novell masih memiliki banyak portfolio paten di bidang teknologi jaringan dan server.

Sejak bulan November 2006 lalu, Microsoft dan Novell menjalin sebuah kerjasama dimana Microsoft telah turut menjajakan produk Suse Linux Enterprise Server (SLES) untuk pelanggannya yang membutuhkan solusi Linux. Microsoft mengklaim telah berhasil menjual SLES senilai 200 juta US-Dollar sampai pertengahan 2009. Kerjasama antara kedua perusahan juga melibatkan sebuah proyek untuk peningkatan interoperabilitas antara Windows Server dan SLES.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s