Banyak Pembaruan di ZevenOS 3.0

ZevenOS adalah distro berorientasi pada sistem operasi Multimedia BeOS yang dibangun berdasarkan Ubuntu telah merilis versi utama sebagai ZevenOS 3.0. Untuk versi 3.0 ini, ZevenOS menggunakan ‘the perfect ten’ Ubuntu 10.10 dengan Kernel Linux 2.6.35 dan X.org 7.5 sebagai basis pengembangannya. Sementara driver untuk Nvidia nv diganti dengan driver open source dari Nouveau.

Di edisi utama ini, desktop ZevenOS banyak mendapatkan pembaruan dan perbaikan yang lebih mendetil. Deskbar misalnya telah ditambahkan dengan menu dinamis yang memenuhi persyaratan standar Freedesktop.org dan bisa diedit menggunakan editor menu standar seperti Alacarte. Disamping itu Deskbar juga dipersenjati dengan aneka menu konteks agar pengguna bisa cepat melakukan penyetelan seperti mengubah kebisingan volume suara.

Tidak sebatas itu, pembaruan juga pada software aplikasi yang dikemas bersama versi ini. Misalnya untuk memutar video, diganti dari sebelumnya Totem kini menggunakan aplikasi Parole. Avidemux juga diganti dengan OpenShot sebagai pemroses materi-materi video. Konverter yang menangani format video dan audio sekarang sudah mau mengenali format seperti MKV, WebM dan VP8.

Untuk memutar dan mengelola koleksi lagu-lagu di ZevenOS digunakan Deadbeef menggantikan Audacious dan Rhythmbox. Juga dalam hal pengelolaaan dan pemrosesan foto yang tadinya mengunggulkan GThumb sekarang ditukar dengan Shotwell, disamping juga telah mengganti Zeebar dengan Docky. Karena menjalankan aplikasi tersebut juga diperlukan fitur Compositing maka pengembangnya tidak melupakannya untuk mengintegrasikan Composite Manager di ZevenOS 3.0.

Disain penampilan ZevenOS 3.0 dibuat sedikit menyerupai sistem operasi Haiku (penerus BeOS) dengan desktop yang berlandasan Xfce 4.6.1 dan pengelola jendela (window manager) Sawfish 1.7.1. Lumbung software ZevenOS juga diperluas dalam arti bahwa desktop ZevenOS dapat diinstalasi dari sistem Ubuntu yang ada.