OTRS Rilis Aplikasi Helpdesk Versi 3.0

OTRS AG, perseroan terbuka yang menyokong dibalik proyek Helpdesk OTRS mengumumkan tersedianya versi OTRS 3.0. Open-source Ticket Request System (OTRS) yang menganut lisensi AGPL ini banyak mendapatkan pembaruan terutama dalam dalam konsep dasar antarmuka grafis yang diklaim merupakan implementasi dari riset ‘usability‘ yang komprehensif ‘User Centered Design‘ yang dilakukan atas prakarsa perusahan pendukung melibatkan penggunaan hari-hari termasuk wawancara dan diskusi dengan pengguna OTRS.

Dari sejumlah pembaruan yang dilakukan terhadap OTRS 3.0, termasuk antara lain fitur yang memudahkan individualisasi pada Management-Dashboard, penampilan tiket yang dinamis, fitur pencari dengan aneka opsi, pengarsipan tiket dan Aksesibilitas. Dengan cara organisasi baru dimungkinkan bidang yang dibahas dalam tiket yang isinya terkait satu dengan lainnya dapat digunakan untuk mengoptimalkan Workflow dan terjadi perbaikan pada Aksesibilitas berkat disain baru tersebut.

Perbaikan lain adalah pada “Global Ticket Overview” yang memungkinkan OTRS 3.0 mampu untuk digunakan beragam kemungkinan dan skenario aplikasi. Misalnya jumlah debit tiket yang tinggi dalam waktu yang singkat dan masing-masing harus diproses dalam waktu yang pendek membutuhkan ikhtisar yang jelas terhadap semua tiket yang masuk, sebaliknya pada kasus dimana jumlah tiket rendah dan memubutuhkan waktu yang panjang untuk menanganinya diperlukan presentasi yang rinci terhadap setiap kasus untuk memberikan kwalitas layanan yang lebih memuaskan.

Paket aplikasi Help Desk OTRS tepatnya dengan versi 3.0.1 tersedia dalam paket RPM untuk distro seperti OpenSuse, SLES 10 dan 11, Fedora mulai Core 4 dan versi RHEL/CentOS 4 dan 5, juga tersedia paket instalasi untuk Windows, seperti juga kode sumbernya yang dapat diunduh dari situs pengembangnya.