Baru: Sertifikasi Pakar Admin Red Hat RHCSA

Bersama peluncuran Red Hat Enterprise Linux 6 (RHEL 6) terjadi perubahan untuk training dan sertifikasi Red Hat. Sertifikasi untuk menjadi Red Hat Certified System Administrator (RHCSA), menurut siaran pers yang diumumkan beberapa hari lalu akan menggantikan sertifikasi Red Hat Certified Technician (RHCT). Bagi yang telah memiliki sertikasi RHCT dengan basis RHEL 5, akan diakui atau disamakan dengan RHCSA yang baru saja diluncurkan.

Dimasa mendatang tersedia 4 cabang sepesialisasi untuk sertifikasi RHEL. Disamping mengutamakan Linux, materi untuk peserta kursus Sysadmin juga mengandung materi Windows dan platform berbasis GUI lainnya, termasuk paltform Solaris.

Perubahan yang ditempuh Red Hat adalah seiring dengan dunia nyata yang dihadapi para pekerja TI saat ini, dimana penerapan Linux telah tumbuh pesat namun pakar yang memiliki sertifikasi RHEL harus juga mampu menangani platform-platform lainnya.

Untuk masuk program pelatihan RHCSA yang ditawarkan Red Hat kali ini, dibedakan antara pakar TI tanpa memiliki pengalaman Command Line dan para Administrator Sistem. Yang pertama adalah jebolan Red Hat System Administration I dan II. Untuk sertifikasi Sysadmins tingkat lanjut disyaratkan telah memiliki pengalaman paling tidak satu tahun atau pelatihan melalui “Fast Track”. Bagaimanapun juga, dua jalur tersebut harus dibuktikan dengan uji praktek selama setengah hari dalam hal mengelola sistem berbasis Linux, sebelum berlanjut ke tahap RHCE. Sertifikasi RHCSA ditargetkan untuk administrator sistem, seperti juga untuk profesional dalam beberbagai peran yang setara, seperti pada admininistrator basis data, pengembang sistem dan teknisi supports.

Kelas untuk sistem training yang baru diluncurkan ini segera berlaku dan tersedia di beberapa lokasi Amerika dan Eropa, sedangkan untuk wilayah lainnya secara bertahap akan disediakan oleh pusat-pusat pelatihan setempat beberapa bulan kedepan. Baca siaran pers dan terusan terkait untuk keterangan lebih rinci.