Buku Membangun Server Email Dengan Zimbra

Dian Rakyat menerbitkan buku berjudul ‘Panduan Praktis Membangun Server Email Enterprise dengan Zimbra’ berikut bonus DVD yang mengandung tutorial dan panduan praktis tentang membangun Zimbra Collaboration Suite (ZCS). ZCS adalah sebuah aplikasi berdasarkan Web untuk mengelola email dan kolaborasi kerja skala perusahan. Menurut penerbitnya, buku ini cocok bagi mereka yang ingin menguasai Server email enterprise yang di dukung dengan aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri dewasa ini.

Skill yang diperoleh setelah membaca, mengerti dan mencoba tutorial yang dipaparkan dalam buku ini, adalah kemampuan untuk menginstal dan mengonfigurasi server email dan kolaborasi berskala enterprise dengan Zimbra Collaboration Suite beserta langkah pengamanan dan sistem backup-nya.

Buku merinci dalam 7 bab tentang mempelajari konsep email, pengenalan tentang Zimbra Collaboration Suite , spesifikasi sistem yang digunakan Zimbra, memahami komponen Zimbra dan paket-paket yang ada pada Zimbra. Di bab ke 2 dijabarkan langkah-langkah persiapan instalasi Zimbra agar instalasi bisa berjalan dengan baik, langkah-langkah proses instalasi Zimbra dan pengujian hasil instalasi Zimbra. Bab ini juga membahas port-port yang akan di gunakan Zimbra dan syarat-syarat yang harus di lakukan pada saat instalasi.

Mulai bab 3 dibahas administrasi Zimbra melalui browser web yang menggunakan protokol keamanan SSL (htps) dengan port 7071. Bab ini juga membahas proses pembuatan domain, akun e-mail, aliases, mailing list, anti spam, anti virus, monitoring server dan lain – lain. Sementara bab 4 memberikan panduan untuk pengguna mengakses Zimbra melalui web. Bab ini berisikan langkah-langkah pengiriman email, penggunaan address book, calender, task, document, briefcase, preference, penggunaan klien email seperti Evolution dan lain-lain.

Bab 5 dan seterusnya mengupas beberapa cara melakukan backup data Zimbra , seperti backup dengan perintah atau Command Line Interface , forward dan backup dengan skrip. Kemudian dibahas cara mengamankan Zimbra, baik bagi pengguna akhir seperti pencegahan  terhadap virus , spam dan phishing , pengamanan dari sisi otentikasi dan enkripsi , serta pengamanan dengan firewall/iptables. Dan sebagai penutup dalam bab 7 diisi materi tambahan sebagai syarat mengelolah domain sendiri yang akan di gunakan oleh Zimbra, yakni membahas server DNS Bind.

DVD bonus berisi paket-paket Zimbra untuk distro Linux RedHat/CentOS, Ubuntu, Debian, Fedora dan SUSE. Buku beredar dan tersedia digerai media terdekat.