MariaDB 5.2 Padanan MySQL Telah Final

Mengakhiri rantaian penerbitan versi ujicoba, basis data versi final MariaDB 5.2 yang kompatibel dengan MySQL dirilis. MariaDB adalah cabang MySQL yang dikembangkan oleh Michael Monty Widenius, mantan pemilik dan pendiri MySQL. MariaDB mengandung disamping Storage Engine Aria (sebelumnya Maria, penerus MyISAM), melakukan aneka optimasi server dan serangkaian patch dari kontribusi komunitas.

Versi MariaDB 5.2.3 pada prinsipnya dan sebagian besar kompatibel dengan versi MySQL 5.1.51 dan diklaim tidak bermasalah dijadikan penggantinya. Dua storage engine lainnya OQGraph dan SphinxSE juga disertakan bersama MariaDB 5.2. OQGraph memungkinkan penanganan hirarki Graph yang kompleks, sementara SphinxSE sebagai klien bisa digunakan sebagai mesin pencari teks yang memungkinkan MariaDB untuk langsung berkomunikasi dengan searchd menggantikan proses pencarian. Salah satu fitur baru MariaDB 5.2 adalah perbaikan pada Statistik yang memudahkan pengguna memahami aktifitas server. Menurut Monty, aplikasi ini menyediakan informasi lebih banyak di berkas Log-file untuk Slow Queries dibandingkan saudaranya MySQL.

Database MariaDB adalah Open Source menganut lisensi GPLv2 dan dalam banyak hal diklaim lebih cepat dari panutannya MySQL. Kode sumber dan binari untuk MariaDB 5.2 kini telah tersedia. Kecuali itu Monty Program juga menyediakan download dari paket untuk distro-distro utama seperti Debian, Ubuntu dan CentOS, sementara untuk openSUSE dan distro berbasis RPM lainnya bisa mendapatkannya dari lumbung OpenSUSE-Build-Services.