Politik Java: Apache Salahkan Oracle

Yayasan Apache Software Foundation (ASF) memanfaatkan kesempatan di ajang pemilihan Executive Committee untuk Java Community Process (JCP) untuk melawan politik Java dari Oracle. Organisasi Open Source ini mengajak anggota JCP lainnya untuk memasang kuda-kuda terhadap kemungkinan politik berkaitan dengan pembatasan pada versi Java mendatang, apabila Oracle nantinya tidak mencabut restriksi terhadap penggunaan Java. Disampaing itu tidak tertutup kemungkinan dari sisi Apache Software Foundation untuk menyudahi keterlibatannya dengan JCP andaikata hal itu tidak terpenuhi.

Tuntutan dari yayasan ASF agar Java dibebaskan bukanlah hal yang baru. Sudah sejak lama upaya untuk memenuhi spesifikasi yang digariskan JCP ditolak dengan alasan bahwa Oracle dan juga sebelumnya Sun tidak bisa menyediakan untuk pengembang Apache “Test” yang dibutuhkan untuk Java. Salah satu korban dari kebijakan tersebut adalah proyek Harmony, yaitu sebuah implementasi bebas (Open Source) untuk Java yang bernaung dibawah atap ASF, dan sampai kini tidak berhasil mendapatkan sertifikasi Java. Menurut pernyataan ASF, Oracle bertentangan dengan kesepakatan Java Specification Participation Agreement (JSPA), karena perusahan ini hanya akan menyediakan perkakas Test Compatibility Kit (TCK) dengan lisensi yang bertentangan dengan lisensi bebas Open Source. Dengan demikian ASF dapat menyimpulkan bahwa kesalahan tidak terletak pada JCP sebagai penyebab dari tidak dapat dipenuhinya proses yang digariskan.

Berdasarkan hasil pemilihan pimpinan JCP baru-baru ini, Apache Software Foundation berhasil memenangkan 95 persen dari suara anggota JCP. Lebih-lebih ditambahkan dengan banyak diskusi di komunitas Java yang menginginkan adanya reformasi di JCP telah memperkuat front dalam perlawanan terhadap politik Java dari Oracle. Daya tawar dari kelompok reformasi sementara ini dianggap cukup kuat karena komite kali ini juga mendapat dukungan dari organisasi berorientasi open source lainnya seperti Eclipse Foundation dan Red Hat.

Bulan lalu Oracle mampu merangkul IBM menyatukan strategi mereka dalam kerjasama pengembangan proyek OpenJDK dari Oracle. Lagi-lagi proyek Harmony menjadi korban dengan kaburnya perusahan sponsor (IBM) yang menyokong proyek ini dimasa lampau. Kendati demikian, Apache Software Foundation bersitekad untuk terus mempertahankan proyek ini selama masih memiliki masa depan.

Sejatinya, bapak software swatantra Richard M. Stallman sejak dini mensinyalir adanya jebakan Java dan telah mengingatkan pengembang software  dalam sebuah pernyataan yang diumumkan enam tahun lampau.