OpenERP: Solusi Bisnis Berbasis Open Source

Diantara pengembang software bisnis berbasis Open Source, OpenERP saat ini termasuk kelompok langka dalam strategi penerapan lisensi bebas. Sementara proyek open source untuk bisnis yang lain umumnya membedakan fitur atau bagian software yang diunduh bebas (open core) dan yang berbayar (ekstra add-on, plugins dst.), OpenERP tidak membedakan jenis software, baik yang disediakan untuk perusahan yang berlangganan layanan dukungan, solusi host (SaaS) atau bagi yang sekedar memanfaatkan software bebas tanpa dukungan yang semuanya disediakan untuk diunduh. OpenERP tidak memiliki edisi software khusus yang acapkali disebut sebagai Enterprise Edition.

Perusahan dibalik proyek OpenERP asal Belgia yang berdiri sejak lima tahun lalu dengan kantor cabang di San Jose, USA dibuka bulan Oktober lalu, menawarkan produk dalam bentuk layanan yang mencakup semua urusan ERP dengan modul-modul termasuk CRM, pembelian (purchasing), pengelolaan gudang (warehouse management), produksi (manufacturing), pengelolaan proyek (project management), pembukuan (accounting) dan sumberdaya manusia (human resource). Modul-modul yang dikembangkan OpenERP dapat diimplementasikan secara individu dan memungkinkan perusahan untuk pengembangan ERP secara bertahap mulai dari nol sampai nantinya menjadi sebuah solusi ERP terintegrasi penuh (fully integrated ERP solution).

OpenERP memiliki sekitar 100 karyawan ditambah dukungan oleh sekitar 900 kontributor dari komunitas. Software OpenERP saat ini diklaim telah diunduh tidak kurang dari seribu kali per hari. Lebih dari 500 modul tersedia untuk OpenERP yang dikembangkan oleh komunitas dan jaringan mitra tersebar 40 negara.

OpenERP dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python memisahkan komponen server dan klien yang semuanya mengadopsi lisensi bebas GPL. Versi terakhir OpenERP v6 saat ini berstatus beta rencananya dirilis akhir tahun (Desember 2010).

Buku “Open ERP: a modern approach to integrated business management” [English, PDF, 500 pages] dapat diunduh tanpa biaya dari situs OpenERP.

OpenERP adalah AOSA (Aplikasi Open Source Alternatif) untuk program-program ERP proprietari seperti QuickBooks besutan Intuit (pembuat Quicken).