Desktop Xfce 4.8 Menuju Final

Lingkungan desktop ringan versi mendatang Xfce 4.8 telah tersedia untuk diujicoba. Pengembangnya telah melakukan penbekuan fitur dan merilis 4.8pre yang mengemas fitur-fitur dijumpai di versi final yang peluncurannya dijadwalkan pada tanggal 16 Januari 2011.

Dalam proses pengembangannya selama hampir dua tahun, pengembang Xfce 4.8 telah menyelaraskan dengan Frameworks aktual. Misalnya sistem berkas virtual ThunarVFS ditambahkan dengan Gio yang lebih moderen dan mampu mengakses via jaringan. Untuk menjamin kompatibilitas maka pengelola berkas ThunarVFS tetap dipertahankan. Nantinya digunakan disamping Thunar juga komponen lain untuk hardisk dari pustaka Gnome seperti Xfcedesktop dan pengelola hardisk Thunar-Volman.

Jadwal peluncuran Xfce 4.8 beberapa kali telah diundurkan karena disamping implementasi Gio, juga perubahan pada frameworks: Consolekit, Policykit dan Udev. Disamping itu HAL (Hardware Abstraction Layer) yang dianggap kuno sepenuhnya ditinggalkan, sementara beberapa pustaka penting ditingkatkan diantaranya adalah Libxfce4ui yang nantinya menggantikan Libxfcegui4.

Pustaka baru Garcon kali ini menggantikan pustaka menu Libxfce4menu. Menu yang digunakan di versi Xfce 4.8 nantinya bisa diedit dengan editor external seperti daftar Alacarte. Panel diperbarui sepenuhnya dan menawarkan peluncur program yang lebih baik dan diselaraskan dengan berbagai jenis monitor. Daftar perubahan selebihnya diumumkan disini.