Korporat: Oracle Naikkan Tarif MySQL

Bersama dengan penerbitan daftar harga abonemen MySQL yang baru, Oracle telah menaikkan tarif sampai dengan hampir empat kali lipat untuk tipe pelanggan tertentu. Di masa datang penawaran abonemen Oracle terdiri dari tiga varian dengan tarif 2000, 5000, dan 10.000 US Dollar masing-masing untuk server edisi Standar, Enterprise dan Cluster Carrier Grade untuk sampai dengan 4 soket prosesor. Sementara mulai soket 5+, maka tarif yang dibebankan duakali lipat 4000, 10.000 dan 20.000 dollar per tahun per server.

Varian Basic dengan tarif 600 Dollar ditiadakan, dan menurut tarif baru [pdf 87kb] maka pelanggan dari level entri akan dikejutkan oleh kenaikan tarif lebih dari tiga kali lipat.

Penawaran yang baru ini, tidak lagi terkait dengan tingkat dari support-Level, melainkan tergantung dari variasi fitur software yang digunakan. Misalnya edisi Classic yang bebas biaya hanya terdiri dari  database dengan beckend MyISAM yang tidak memiliki fitur transaksi, sementara InnoDB yang mampu bertransaksi masuk ke ketiga kategori yang disebutkan diatas (Edisi Standard, Enterprise dan Carrier-Grade) dan Cluster-Engine NDB hanya disediakan untuk edisi yang terakhir.

Mantan pendiri dan pengembang MySQL yang baru baru ini mendirikan perusahan bernama SkySQL, memanfaatkan mementum keresahan dikalangan pengguna MySQL berbayar dengan penawaran khusus melalui surat terbuka ditargetkan kepada pelanggan Oracle. Layanan yang ditawarkan SkySQL adalah serupa dengan sistem yang diberlakukan (Sun) MySQL sebelumnya, yaitu Support-Level: Basic, Silver, Platinum dan Unlimited, dengan tarif yang menurut sumber di Internet mengklaim sekitar 30 sampai 40 persen lebih rendah dari penawaran Oracle.