Fedora 14 “Laughlin” Telah Rilis

Tepat waktu sebagaimana dijanjikan, Fedora 14 telah hadir hari ini dengan nama kode “Laughlin”. Seperti pada rilis-rilis sebelumnya, Fedora 14 kali ini juga membawa fitur-fitur baru seperti halnya dalam hal peningkatan fungsi virtualisasi.

Dengan fitur yang dimaksud, Fedora 14 bisa langsung dilepaskan di awan layanan publik Amazon (Amazons Public-Cloud-Service EC2). Disisi lain, untuk virtualisasi di desktop disediakan SPICE, sebuah produk yang awalnya dikembangkan oleh perusahan Qumranet. SPICE atau “Simple Protocol for Independent Computing Environments” diklaim memberikan peningkatan kinerja yang luar biasa terhadap desktop sebagai Thin Clients.

Pembaruan lainnya termasuk penyertaan distribusi Perl-6 dari Rakudo Star dan lingkungan pengembangan Eclipse 3.6 yang lebih dikenal dengan nama Helios. Perubahan pada fungsi desktop sendiri tidak terlalu signifikan yaitu sebatas pada peningkatan dan perbaikan paket-paket yang dikemas. Sebagai contoh misalnya untuk lingkungan deskop disediakan versi Gnome 2.32 dan KDE 4.5.2. Untuk paket produktifitas dikemas versi pra-final dari OpenOffice 3.3.

Dari daftar rincian fitur yang diumumkan di siaran pers perusahan sponsor Red Hat, Fedora 14 menyertakan sejumlah fitur untuk para pengembang, administrator sistim, dan pecinta open source seperti: * Framework software untuk Spice; * Fitur debugging untuk para pengembang, seperti dukungan untuk tracking penggunaan memori dinamis dan peluncuran yang lebih cepat berkat ‘pre-generated indexes’; * Bagian dari lingkungan GNOME shell sebagai komponen dari GNOME 3.0 mendatang; * Subset dari software asal MeeGo™ community untuk peningkatan pengalaman di netbooks dan perangkat mobile; * OpenSCAP, yaitu sebuah framework sumber terbuka untuk ‘Security Content Automation Protocol’ yang menyediakan wadah dan pendekatan dalam pemeliharan pengamanan sistem dan ditunjang menggunakann standar NIST. Baca selebihnya siaran pers yang diungkapkan Red Hat, Inc.