Game: SuperTux Untuk Pecinta Super Mario Bros.

Game Super Mario Bros yang cukup popular mendapatkan teman dari kubu open source dengan SuperTux atau Penguin Super yang datang dari Antartika sebagai game alternatif atau padanan yang berlisensi bebas.

Seperti Super Mario Bros, pemain dapat menggunakan joystick atau keyboard untuk mengendalikan Tux, seekor Penguin yang kekasihnya disandera, kabur diantara pengunungan es di Antartika.

Sebagai Tux, pemain dapat memilih 9 jenis lawannya, termasuk batu es yang bisa jalan dan animasi bola salju. Pemain akan mendapatkan bantuan, bilamana menekan blok yang menghasilkan koin atau power-up. Power-ups datang dalam bentuk telur, tampak menipu seperti sebuah bola salju yang mematikan.

Pertama-tama pemain akan menemukan ukurannya sendiri dan akan melipatgandakannya. Jika pemain bisa bertahan tetap besar, maka telur kedua akan berubah menjadi Tux oranye dan memiliki kekuatan untuk menembak bola api musuh-musuhnya. Jika tidak, melompat atas mereka adalah strategi terbaik dan sekaligus akan membuat pemain mengecil lagi.

Pemain juga akan menemukan bintang-bintang ajaib yang akan memberikan kesaktian agar tak terkalahkan. Sesuatu yang baik untuk dimiliki dan diperlukan ketika membuka jalan diantara blok es yang sempit. Hati-hatilah terhadap orang-orang jahat seperti Skydive dan burung hantu yang menyelinap dari atas!

SuperTux menyediakan 26 macam dunia utama dan dua pulau sebagai bonus untuk berjuang menuntaskan perjalanan pemain. Penampilan grafis yang penuh warna-warni, resolusi yang baik dan aksi yang cepat akan membantu pemain untuk menentukan sendiri tingkatan (level) permainan menggunakan sebuah editor level, dan hasilnya dapat dibagikan kepada pemain lainnya.

Permainan SuperTux umumnya dikemas bersama berbagai distro-distro Linux, atau pengguna Ubuntu dapat menginstalnya langsung dari Ubuntu Software Center dalam sekejap. Selamat bermain, Happy Tux!

*SuperTux adalah AOSA (Aplikasi Open Source Alternatif) untuk Super Mario Bros