MeeGo 1.1 Telah Tiba

Linux Foundation sebagai pengelola proyek yang menggabungkan Maemo (Nokia) dan Moblin (Intel) baru saja mengumumkan tersedianya versi MeeGo 1.1. Kode sumbernya berikut beberapa versi siap saji (Images) dari MeeGo 1.1 dapat diunduh langsung dari server proyek MeeGo.

Diantara images siap pakai yang tersedia termasuk edisi untuk Netbook (Intel Atom, baik dengan browser Chrome maupun Chromium), untuk perangkat penghibur di mobil (In-Vehicle Infotainment, IVI), dan juga untuk perangkat dengan prosesor ARM seperti halnya Smartphone Nokia N900. Meego 1.1 kini bisa dimadu (dual boot) dengan Maemo di Nokia N900.

Utamanya versi MeeGo 1.1 ditargetkan untuk para pengembang dan pembuat perangkat mobile, namun dapat dimanfaatkan atau diuji coba oleh pengguna akhir (end-user). Pada versi MeeGo 1.2 diharapkan produk ini lebih sempurna dan cukup stabil untuk digunakan oleh end-user.

Berkaitan dengan “MeeGo Netbook User Experience” kali ini telah diimpelentasikan: Tampilan lebih baik memanfaatkan teknologi open source seperti pada penerapan untuk “Touch support”, akses instan ke calendar, tasks, appointments, berkas yang digunakan terakhir, dan update untuk social networking melalui home screen.

Kecuali itu dimungkinkan aggregasi konten untuk social networking, yang membantu pengguna memantau aktifitas social networking cukup di satu layar, memberi kemudahan dalam berinteraksi dengan teman, disamping dalam hal meng-update status dan site information. Kemudahan lainnya yang ditawarkan termasuk pada penggunaan email, calendar, dan media player.