Linus Torvalds Terima Penghargaan NEC C&C Foundation Awards

Bersama dua ilmuwan asal Jepang lainnya, pencipta sistem operasi Linux: Linus Torvalds telah menerima penghargaan dari Yayasan NEC C&C Foundation untuk kemampuan luar biasa dibidang teknologi komputer berikut dampak sosialnya.

NEC C&C Foundation adalah yayasan yang berdiri sejak seperempat abad lalu (1985) dengan tujuan untuk mendorong pengembangan industri elektronika. Yayasan ini menyokong aktifitas penelitian dan pengembangan guna meningkatkan ekonomi dunia dan memperbaiki kwalitas kehidupan umat manusia.

Sejak 1986, setiap tahunnya yayasan ini telah memberikan penghargaan sebagai NEC C&C Award kepada pribadi terpilih termasuk hadiah dalam bentuk uang tunai. Sampai saat ini tercatat 85 pribadi yang telah menerima hadiah dan penghargaan dari yayasan NEC C&C. Hadiah tahun ini diberikan kepada dua kelompok dengan nilai masing-masing 10 Juta Yen (ca. Rp. 1,1 Miliar) per kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Hiroyuki Sakaki dan Yasuhiko Arakawa, sementara yang kedua diduduki hanya oleh Dr. Linus Torvalds sebagai bapak dari kernel Linux.

Kedua ilmuwan asal Jepang Dr. Hiroyuki Sakaki (Pensiunan Profesor dari Universitas Tokio sekaligus  Presiden dari Toyota Technological Institute) dan Dr. Yasuhiko Arakawa (Professor dari Universitas Tokio dan Direktur dari Institut Elektronika untuk Nano-Quanten-Informations) termasuk kelompok A adalah ahli terkemuka dibidang Efek Quantum untuk Semikonduktor. Sementara di kelompok B, Dr. Linus Torvalds adalah pengembang yang diawali sejak 1991 sebagai seorang mahasiswa di Universitas Helsinki menciptakan sistem operasi Linux yang kini telah merambah di segala bidang, ditanamkan dan jalan di perangkat-perangkat mulai dari Smartphone sampai dengan Supercomputer. Dampak dan pengaruh dari Linux yang sangat luas mendapat penghargaan khusus dari yayasan bergengsi NEC C&C Foundation, termasuk dampak sosialnya, open source dan dapat digunakan secara bebas oleh siapa saja.

Seremoni serah terima dan penobatan secara resmi dijadwalkan pada hari Rabu tanggal 24 November 2010 mulai 15:00 di ANA Intercontinental Hotel Tokyo.