Rilis Cinelerra 4.2: Movie Studio in a Box

Dibutuhkan lebih dari satu tahun sejak versi 4.1 dirilis untuk menuntaskan versi Cinelerra 4.2 yang baru saja dilepas. Cinelerra adalah sebuah aplikasi editor video sumber terbuka untuk sistem operasi lintas platform termasuk Linux. Disamping sejumlah perbaikan terdapat sedikit pembaruan termasuk antara lain kemampuan penyelarasan trak audio dengan video.

Program pengedit video bebas Cinelerra ini berlisensi GNU-GPL dan memiliki fitur profesional untuk menata video nonlinear. Pada hakekatnya Cinelerra dapat digunakan untuk tiga hal yaitu capturing, compositing, dan editing, baik audio maupun video.

Cinelerra mendukung fitur OpenGL shaders untuk kartu grafis NVidia dan kemampuan memroses video yang dihasilkannya diklaim telah menandingi kemampuan yang tadinya ekslusif merupakan domain dari komputer mini SGI. Bila tersedia tenaga komputing yang memadai, pengguna NVidia bisa menjalankan efek secara realtime ketimbang melakukan via rendering. Menggunakan kartu tingkat atas, OpenGL diklaim mampu memroses resolusi sampai dengan 4096×4096 titik.

Hal itu dapat dilihat dari pengembangan Cinelerra yang lebih dipusatkan bukan untuk pengguna hobi, melainkan ditargetkan untuk pasar pengguna profesional dan Cinelerra mendukung pemrosesan dengan komputer SMP atau juga Renderfarm.