Zimbra Desktop 2.0 Sokong Web 2.0

Zimbra Desktop 2.0 adalah versi terkini dari klien solusi email dan groupware berdasarkan web yang baru saja diluncurkan dan telah tersedia untuk diunduh. Disamping peningkatan dalam hal kecepatan, versi anyar ini diklaim mendukung layanan Web 2.0.

Zimbra Desktop merupakan klien email berdiri sendiri yang awalnya berasal dari Web Client bawaan Zimbra Collaboration Suite. Aplikasi ini mendukung aneka platform dan dapat dijalankan kecuali di sistem operasi Linux juga di Mac OS X dan Windows tanpa perlu sebelumnya menginstalasi server. Disamping layanan email standar seperti IMAP atau POP3 yang juga didukung oleh Zimbra Server, desktop ini dapat digunakan untuk mengakses layanan email seperti Yahoo Mail dan Gmail, baik daring (online) maupun luring (offline).

Diantara banyak pembaruan yang dibawa versi 2.0 dari Zimbra Desktop ini terutama dalam hal kecepatannya yang telah ditingkatkan, layanan Web 2.0 yang memungkinkan antara lain menggabungkannya dengan akun-akun jejaring sosial seperti Twitter, Digg atau Facebook.

Kecuali itu, komponen email disebutkan mampu menyaring data dan desktop ini mendukung tiga kolom yang menampilkan sekaligus email, kalendar dan buku alamat.

Pengguna Zimbra Desktop versi 1.0 yang ingin meningkatkan ke versi terkini disarankan untuk menyimak petunjuk di Zimbra Desktop 2 FAQ.