ZevenOS-Neptune 1.9 Rasa BeOS Gunakan KDE 4.4.5

ZevenOS-Neptune adalah salah satu edisi ZevenOS yang dibangun diatas Debian Squeeze dan dapat dijalankan dengan baik di Netbooks seperti juga di sistem yang lebih canggih. Sebagai batas minimal kebutuhan hardware disebutkan CPU berkecepatan 600 MHz dan memori RAM sebesar 256 MB. Software yang disertakan bersumber di lumbung repositori Debian yang dapat diaktualisasi untuk menjamin sistem ini senantiasa uptudate dan stabil dalam jangka panjang.

Leszek Lesner, pengembang utama dibalik ZevenOS memiliki tiga agenda ketika ia mengimplementasikan ideanya yaitu BeOS-Touch, Speed dan kemampuan Multimedia seperti yang dimiliki panutannya BeOS “Zeta” yang telah menjadi legenda diantara sistem operasi yang pernah ada.

Versi Neptune 1.9 yang baru dirilis (2010-10-09) berupa sistem live (DVD dan USB) yang dapat ditanamkan di hardisk (intsalasi) dan telah menyediakan USB-Installer agar pengguna bisa langsung bisa membuat live-USB yang persisten dengan kemungkinan untuk menyimpan data konfigurasi pribadi.

ZevenOS 1.9 menggunakan Kernel Linux 2.6.35.5 dan Xorg 7.5 sebagai basis, sementara  sebagai desktop dimanfaatkan versi KDE 4.4.5. Agar bisa digunakan di komputer usang dengan spesifikasi rendah tersedia Low-Memory-Modus dan digerakkan menggunakan desktop kelas bulu Fluxbox yang juga disediakan dalam media DVD (1.4 GB) yang dirilis. Dalam modus ini dibutuhkan RAM hanya sekitar 90 MB saja.